comscore

5 PTN dengan Pendaftar SBMPTN Terbanyak di 2021

Renatha Swasty - 25 Maret 2022 14:35 WIB
5 PTN dengan Pendaftar SBMPTN Terbanyak di 2021
Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Jakarta: Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperebutkan oleh ratusan ribu calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Pada 2022, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan diselenggarakan pada Mei sampai Juni 2022 dan terbagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama UTBK dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022. Kemudian, gelombang kedua pada 28 Mei- 3Juni 2022.
Selain mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menaklukkan soal-soal di UTBK, Sobat Medcom juga perlu mempertimbangkan jurusan dan universitas yang akan dipilih.

Salah satu  bahan pertimbangan ialah dengan melihat jumlah peminat dan daya tampung. Untuk memudahkan Sobat Medcom, berikut informasi lima PTN dengan pendaftar SBMPTN 2021 paling banyak berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Berikut 5 PTN dengan pendaftar SBMPTN paling banyak 2021:

1. Universitas Brawijaya

Universitas berlakasi di Malang ini merupakan PTN dengan peminat paling banyak pada SBMPTN 2021. Berdasarkan data LTMPT, Universitas Brawijaya berhasil meraih peminat sebanyak 69.864 peserta.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Universitas Brawijaya atau Unbraw memiliki kualitas bagus dan menduduki peringkat ketiga sebagai universitas paling populer versi UniRank 2021. Unbraw juga telah menyabet prestasi pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi pilihan tempat kuliah yang banyak diminati. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini menempati posisi kedua sebagai PTN paling banyak diminati dengan jumlah pendaftar 61.227 peserta pada SBMPTN 2021.

Terdapat beberapa keunggulan dari UGM yang membuat cukup banyak diminati. Salah satunya, UGM berhasil menduduki posisi kedua sebagai PTN terbaik di Indonesia oleh Webometrics Ranking Web of University 2022.

3. Universitas Padjadjaran

Kuliah sambil menikmati pemandangan kota Bandung terdengar menyenangkan, ya. Makanya, Universitas Padjadjaran jadi banjir peminat. Peminatnya Unpad pada SBMPTN 2021 mencapai 52.593 peserta.

Selain pemandangannya yang bagus, Unpad menempati posisi 10 besar dalam Top Universities in Indonesia versi UniRank 2021.

4. Universitas Pendidikan Indonesia

PTN dengan pendaftar SBMPTN paling banyak selanjutnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Pada SBMPTN 2021, UPI memperoleh peminat sebanyak 50.812 peserta dan menjadi PTN keempat dengan jumlah peminat paling banyak.

Sebagai universitas keguruan, UPI tidak hanya menghadirkan prodi keguruan, tetapi juga membuka 15 prodi non keguruan yang bisa dipilih.

5. Universitas Sebelas Maret

Urutan kelima PTN dengan pendaftar SBMPTN 2021 paling banyak diduduki oleh Universitas Sebelas Maret (UNS). Universitas berlokasi di Surakarta, Solo, ini meraih peminat sebanyak 49.983 peserta pada SBMPTN 2021.

UNS telah terakreditasi A dan berhasil memperoleh peringkat ketiga sebagai universitas dengan nilai Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi terbaik dari BAN-PT.

UNS juga banyak menorehkan prestasi, salah satunya dalam bidang IPTEK dengan berhasil mengembangkan mobil Samudra Generasi II.

Itu dia 5 PTN dengan pendaftar SBMPTN 2021 paling banyak. Apakah Sobat Medcom sudah menentukan pilihan PTN pada kampus apa?

Baca: Cara Daftar dan Bayar UTBK-SBMPTN 2022 dari Semua Bank Mitra LTMPT
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id