comscore

Kasus Omicron Naik, Pembelajaran Daring Harus Diperkuat

Antara - 18 Januari 2022 09:10 WIB
Kasus Omicron Naik, Pembelajaran Daring Harus Diperkuat
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Pemerhati pendidikan dari VOX Populi Institute Indonesia, Indra Charismiadji mendorong pembelajaran daring semakin diperkuat seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 varian Omicron.

“Pembelajaran daring harus semakin dikuatkan, solusi dari learning loss bukan sekadar buka sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Akan tetapi mutu pembelajaran daring ini yang harus terus ditingkatkan,” ujar Indra saat dihubungi dari Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.
Dia menambahkan, dari pandangan epidemiolog dan ahli medis, selama pandemi idealnya memang pembelajaran tatap muka tidak dilakukan 100 persen.  Sebab terlalu bahaya memaksakan PTM 100 persen, padahal kasus covid-19 varian omicron di sejumlah negara terus mengalami peningkatan.

“Mengerikan, karena ini nyawa taruhannya. Tidak hanya siswa, tetapi juga guru-guru dan keluarga masing-masing di rumah,” terang dia.

Baca juga:  Total 39 Sekolah di DKI Ditutup Karena Kasus Covid-19, Ini Daftarnya

Menurut dia, pembelajaran harus diperbaiki. Bukan sekadar berorientasi bisa mengerjakan soal saat ujian lagi.  Akan tetapi esensi dari pembelajaran itu adalah untuk mengetahui, untuk mengerjakan, menjadi sesuatu, dan pembelajaran untuk hidup bersama.

Indra memberi contoh bagaimana banyak generasi muda saat ini yang bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seperti Fiki Naki, Putra Adji Nadhari, dan lainnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan jumlah kasus covid-19 varian omicron mencapai 720 kasus. Sejumlah sekolah yang ditemukan kasus COVID-19 menghentikan sementara pelaksanaan PTM 100 persen dan kembali ke pembelajaran daring.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id