comscore

Draf Laporan EdWG G20 Bakal Dibawa ke Transforming Education Summit PBB

Citra Larasati - 20 Mei 2022 13:35 WIB
Draf Laporan EdWG G20 Bakal Dibawa ke Transforming Education Summit PBB
Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril
Bandung:  Pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan (Education Working Group/EdWG) G20 yang digelar di Bandung 18-19 Mei 2022 telah ditutup.  Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan membawa draf laporan EdWG tersebut ke Transforming Education Summit (TES) Perserikatan Bangsa-bangsa

Dalam pertemuan kedua ini, Kemendikbudristek mendapatkan masukan agar gagasan pemulihan pendidikan dengan prinsip gotong royong ini dapat disampaikan di Transforming Education Summit 2022.  Transforming Edcuation Summit merupakan bagian dari rangkaian sidang umum PBB yang akan digelar September 2022.
"Draf laporan EdWG G20 yang akan kita bawa ke tingkat dunia mendapatkan apresiasi yang sangat positif, bahkan kerangka kerja pemulihan pendidikan berdasarkan prinsip gotong royong mendapatkan porsi khusus di dalamnya," kata Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril dalam konferensi pers penutupan EdWG G20 di Bandung, Jumat, 20 Mei 2022.

Dengan keterlibatan dalam Transforming Education Summit tersebut, diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak lagi negara dalam pemulihan global khususnya di bidang pendidikan

"Ini tentunya tidak mudah menyusunnya karena kita mengambil data dari negara-negara G20, kemudian disusun menjadi sebuah draf yang koheren," sambung Iwan.

Pertemuan kedua EdWG G20 ini akan dilanjutkan ke pertemuan ketiga yang akan digelar 22-23 Juni 2022.  Kemudian lanjut di pertemuan antarmenteri pada 25-27 Juli 2022. 

Dalam pertemuan kedua, Iwan mengatakan, para delegasi EdWG G20 berhasil menyatukan suara akan pentingnya transformasi berbasis gotong royong untuk pemulihan pendidikan.  Selain menegaskan pentingnya gotong royong dalam berkolaborasi untuk pulih bersama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim juga menekankan bahwa Indonesia melihat ke masa depan, melompat ke arah masa depan, dan kita tidak ingin hanya mengejar ketertinggalan.

"Gotong royong dan visi tersebut menjadi modal solid kepemimpinan Kemendikbudristek dalam EdWG G20,” ujar Iwan.

Di hadapan para delegasi, Nadiem juga menyampaikan terobosan-terobosan yang dilakukan Indonesia untuk pemulihan pendidikan melalui program Merdeka Belajar.  Program andalan Nadiem ini menjadi contoh praktik baik yang menjadi tonggak gotong royong transformasi pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai dasar agenda prioritas bidang pendidikan G20. 

Pertemuan kedua EdWG G20 membahas empat hal, yaitu inisiatif Kemendikbudristek untuk memperbaharui komitmen dunia di bidang pendidikan dalam pertemuan Konferensi Transformasi Pendidikan (Transforming Education Summit/TES) Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations/UN).  Agenda prioritas EdWG 20 yakni Pendidikan Berkualitas untuk Semua dan Teknologi Digital dalam Pendidikan, serta penyusunan laporan EdWG G20 dan draf deklarasi tingkat menteri pendidikan. 

Baca juga:  Kemendikbudristek Gelar Pertemuan Kedua EdWG G20 di Bandung, Ini Alasannya

Pertemuan EdWG G20 ke-2 ini menerima dukungan dan apresiasi dari sejumlah negara. Head of Delegation  dari Jerman Vera Kammann mengatakan, “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek atas semua kerja keras yang telah dilakukan sejauh ini. Agenda yang dibawa dalam EdWG G20  adalah agenda yang mengesankan dan penuh ambisi. Kami bersemangat untuk bisa mendukung tujuan Indonesia dalam kepemimpinannya di G20.”

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id