comscore

ICMI Berharap Penyusunan RUU Sisdiknas Lebih Terbuka

Ilham Pratama Putra - 28 Februari 2022 12:30 WIB
ICMI Berharap Penyusunan RUU Sisdiknas Lebih Terbuka
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sedang menggodok revisi Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas). Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Ganefri berharap agar Kemendikbudristek dapat lebih terbuka dalam pembahasan dan penyusunan RUU Sisdiknas.

Terlebih RUU soal pendidikan ini merupakan kepentingan yang menyangkut banyak pihak. Ia juga berharap UU tersebut nantinya visioner dan dapat menjawab tantangan zaman ke depan.
"Saya mengapresiasi dan berharap undang-undang Sisdiknas bisa visioner dan menjawab tantangan zaman dunia pendidikan," kata Ganefri dalam webinar IndoSDGs dikutip Senin, 28 Februari 2022.

Pada kesempatan yang sama, pakar pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala, Anita Lie berharap RUU ini dapat mewujudkan harapan anak Indonesia. RUU Sisdiknas, kata dia, dapat menjadi lokomotif dalam menghidupkan masa depan pendidikan Indonesia.

"Tentu masa depan pendidikan Indonesia yang lebih maju dan berkualitas adalah impian setiap anak bangsa," ujar Anita.

Hal itu menjadi semakin penting mengingat banyaknya tantangan di masa yang akan datang. Anita merasa RUU ini akan mengantarkan Indonesia menuju perubahan yang lebih baik.

Baca juga:  Minim Akses ke Draf RUU Sisdiknas, Rektor Tunda Beri Respons

"Pendidikan Indonesia harus berubah, perlu ada relevansi dengan perkembangan zaman, karena perubahan kebutuhan dan keterampilan. sehingga kita perlu bertransformasi dengan cepat. Inovasi dalam pendidikan adalah sebuah keniscayaan. Saya mengapresiasi RUU ini, karena nuansa kebinekaan begitu kental, serta adanya rujukan warisan intelektual dari para tokoh pendidikan," ucap Anita.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id