comscore

Mahasiswa Baru IPB Dapat Pembekalan Wawasan Kebangsaan

Renatha Swasty - 15 Februari 2022 18:29 WIB
Mahasiswa Baru IPB Dapat Pembekalan Wawasan Kebangsaan
Kuliah umum untuk mahasiswa baru IPB University. DOK IPB University
Jakarta: Sebanyak 1.000 mahasiswa baru IPB University mendapat pembekalan wawasan kebangsaan dan implementasi nilai-nilai Pancasila. Hal itu disampaikan Rektor Universitas Islam International Indonesia (UIII) Prof Komaruddin Hidayat dalam kuliah umum dengan tema 'Mewujudkan Karakter Techno-sociopreneurship untuk Memajukan Bangsa'.

Komaruddin menuturkan perkembangan teknologi yang pesat berdampak pada dinamika sosial. Dunia pendidikan perlu mengikuti perkembangan tersebut agar dapat menjadi aktor dalam kemajuan globalilasi.
“Mahasiswa perlu mengembangkan beberapa karakter techno-sociopreneurship seperti mental industri, kreativitas, long life, dan agile learner, serta terpenting tetap menjunjung tinggi moralitas yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila,” ujar Komaruddin dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 Februari 2022.

Dia menggarisbawahi pilar peradaban sebuah bangsa adalah pendidikan, ekonomi, dan cinta Tanah Air.  Semua orang bertanggung jawab akan kemajuan bangsa.

"Yang bertanggung jawab akan kemajuan bangsa adalah kita semua sebagai pewaris bangsa, bukan bangsa lain,” tegas dia.

Komaruddin berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat membangung karakter techno-sociopreneurship pada mahasiswa IPB University. Khususnya sebagai salah satu motor penggerak menuju techno-sociopreneurial university.

Sementara itu, Kordinator Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, IPB University, Prof Sedarnawati Yasni, mengungkapkan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022, Direktorat Program Pendidikan Kompetensi Umum juga telah mengadakan kuliah umum Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Topik yang diangkat 'Mahasiswa Cinta Tanah Air dan Siap Bela Negara' dengan narasumber tenaga ahli pengkaji bidang sosial budaya, Lembaga Ketahanan Nasional RI, Prof Bondan Tiara Sofyan.

“Kami berharap, setiap angkatan mahasiswa baru mendapatkan kuliah umum terkait pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Sehingga mahasiswa IPB University sebagai calon pemimpin bangsa memiliki karakter cinta Tanah Air dan siap memajukan semua aspek pembangunan, khususnya bidang pertanian dalam arti luas,” ujar dia.

Baca: IPB University Gandeng Universitas di Belanda Riset Soal Sustainable Vegetable
Oils


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id