SNMPTN/SBMPTN 2020

    SMAN 8 Jakarta Siap Unggah Data di PDSS Besok

    Intan Yunelia - 14 Januari 2020 20:34 WIB
    SMAN 8 Jakarta Siap Unggah Data di PDSS Besok
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  SMA Negeri 8 Jakarta telah menyiapkan berkas untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang akan didaftarkan besok, Rabu, 15 Januari 2020.  

    Wakil Kurikulum SMA Negeri 8 Jakarta, Heri Budi Prasetya menyebutkan ada 321 siswa yang datanya akan diunggah di laman PDSS.  Sejumlah siswa itu berasal dari peminatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

    Setelang mengunggah data rapor di PDSS, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa yang memenuhi kriteria dan berhak untuk direkomendasikan mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).  Ada enam mata pelajaran di masing-masing peminatan yang akan diakumulasikan nilainya dalam pemeringkatan tersebut.

    "Rambu-rambunya sih sesuai dari aturan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga.  Jadi secara umum kami melihat dari enam mata pelajaran," kata Heri saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 14 Januari 2020.

    Enam mata pelajaran dalam peminatan IPA adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.  Sementara untuk peminatan IPS itu adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.

    SMAN 8 Jakarta sejak awal telah menyiapkan daftar nilai siswa dari semester satu hingga lima secara manual.  Sehingga prosesnya tidak rumit saat harus mengisi data di PDSS online.

    "Jadi ada rigger manual yang kami isikan sebelum ke PDSS untuk diverifikasi dulu secara manual oleh siswa dan dicocokkan dengan dokumen rapor mereka melalui wali kelas," tutur Heri.

    Sebelumnya, SMA Negeri 8 Jakarta telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi nilai siswa yang serupa saat pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).  Pengisian PDSS akan dibuka mulai besok, Rabu, 15 Januari-8 Februari 2020.
     
    Selain nilai rapor secara keseluruhan, sekolah juga akan mempertimbangkan nilai dua mata pelajaran sebagai tambahan dalam memilih siswa yang berhak mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). "Jika ada yang sama nanti akan kami lihat, pertama kami dahulukan nilai Matematika. Mana yang lebih tinggi dari (nilai rapor) yang sama itu," kata Wakil Kurikulum SMA Negeri 8 Jakarta, Heri Budi Prasetya saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 14 Januari 2020.

    Sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan aturan baru dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN. Utamanya regulasi di jalur SNMPTN, yakni kewenangan menentukan siswa yang eligible (memenuhi syarat) mendaftar di "jalur undangan" tersebut diserahkan pada pihak sekolah.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id