Jokowi Diminta Perhatikan Kualitas Guru Papua di Priode Kedua

    Intan Yunelia - 16 Oktober 2019 05:31 WIB
    Jokowi Diminta Perhatikan Kualitas Guru Papua di Priode Kedua
    Presiden Joko Widodo dan Wapres terpilih Maaruf Amin. Foto: Medcom.id/ Damar
    Jakarta: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua mengharapkan presiden dan wakil presiden terpilih memperhatikan kualitas guru dan sekolah yang ada di Papua. Kualitas tenaga pendidik di Bumi Cendrawasih harus menjadi prioritas.

    “Perhatikan guru di Papua harus ada kebijakan besar terkait nasib guru terutama guru honorer, mereka harus mendapat perhatian untuk mendapatkan hak yang sama dengan guru yang PNS,” kata Sekretaris Disdik Papua, Protasius Lobya di lansir Antara, Selasa 16 Oktober 2019.

    Protasius mengatakan guru honorer memiliki tugas yang sama dengan PNS. Namun, soal kesejahteraan masih jauh tertinggal. Hal ini harus dicarikan solusi untuk pengangkatan sebagai PNS.

    “Kita tidak bisa bilang karena undang-undangnya begini, tidak ada mereka wajib mendapatkan perhatian,” ujarnya.

    Tak hanya itu, mutasi dan sebaran guru juga harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan. Ditambah, fasilitas SMA/SMK di Papua harus ada jaringan internet agar ujian dan pembelajaran menggunakan teknologi informasi.

    “Anak-anak bisa mengakses pelajaran walaupun buku tidak ada. Ketika guru tidak ada dia bisa dapat informasi seperti itu,” paparnya.

    Protasius juga meminta agar guru mendapat jaminan keamanan ketika mengajar. Rasa aman akan memberikan jaminan proses belajar mengajar berlangsung kondusif tanpa gangguan dari kelompok bersenjata.

    “Sebab kalau itu tidak dijamin, maka bagaimana guru itu bisa mengajar dan mendidik para siswa dengan rasa nyaman,” pungkasnya.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id