Belajar Daring Masa Depan Dunia Pendidikan

    Ilham Pratama Putra - 14 Mei 2020 14:47 WIB
    Belajar Daring Masa Depan Dunia Pendidikan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Praktisi Pendidikan, Claudia Ingkiriwang menyebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan metode daring bukan hanya bisa dipandang sebagai situasi new normal bagi dunia pendidikan. Belajar daring merupakan masa depan dunia pendidikan.

    "Ini dipercepat lebih awal. Masa depan pendidikan datang lebih cepat. membuka mata lebih nyala," kata Claudia dalam web binar heartline network, Kamis, 14 Mei 2020.

    Menurut Claudia, situasi new normal ini pun akan merembet pada pola pikir industri lewat kebijakan bekerja dari rumah. Industri akan membuat skema kebutuhan di masa yang akan datang untuk kemajuan mereka.

    "Akan ada kebutuhan karyawan dan lapangan pekerjaan yang tidak ada di hari ini. Bahkan Twitter telah mengizinkan karyawannya untuk work from home selamanya," jelas Claudia.

    Baca: Anak Harus Didorong Adaptif dengan Perubahan Metode Belajar

    Menurut Claudia, pekerjaan rumah bagi seluruh pihak yakni membentuk anak yang adaptif. Output pendidikan harus menjadikan anak lebih mandiri dan memiliki pendidikan yang komprehensif.

    "Ada perubahan dalam proses mengajar belajar itu sendiri. Anak harus terbiasa belajar independen. Ini yang harus kita siapin juga. Sekolah bukan lagi soal ruang," terang dia.

    Pola pikir inilah yang harus dibentuk orang tua, guru dan sekolahnya saat ini. Hal ini guna menjawab tantangan kebutuhan masa depan.

    "Karena kita tidak bisa menduga juga akan ada gejala alam apa lagi, gejala ekonomi apa lagi. Yang saya garis bawahi independen learner yang memiliki self disiplin bagi anak untuk mengembangkan apa yang dia punya," tutup Claudia.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id