Peringatan Sumpah Pemuda

    Nadiem Dorong Pemuda Jadi Motor Perubahan

    Ilham Pratama Putra - 28 Oktober 2020 10:48 WIB
    Nadiem Dorong Pemuda Jadi Motor Perubahan
    Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memaknai hari Sumpah Pemuda sebagai semangat untuk melakukan terobosan inovasi. Pemuda harus mampu menjadi motor perubahan.

    "Kaum muda harus mampu mengubah resah menjadi jalan keluar, mampu menjadi motor pergerakan menuju kemajuan," kata Nadiem dalam unggahan akun instagram pribadinya, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Nadiem mengatakan, masa sulit pandemi ini harus menjadi pembelajaran bagi kaum muda. Penguatan mental, dan karakter serta ruang kreativitas tidak boleh mati guna membantu bangsa melompati keterbatasan.

    Generasi muda masa kini harus banyak berkaca pada pergerakan kaum muda yang berujung lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Saat itu, kata Nadiem, dengan keterbatasan, para pemuda mampu bangkit bersama, menyalakan semangat, dan menyelesaikan permasalahan bangsa.

    "Ingat, 92 tahun yang lalu secarik kertaslah yang menjadi penyulut mengubah nasib, hal yang sederhana tapi mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Ikrar satu Tanah Air, satu Bangsa, dan satu Bahasa, sampai hari ini secarik kertas itu telah membawa kita ke kemerdekaan," jelas Nadiem.

    Baca: Saatnya Pemuda Berperan, Bukan Baperan

    Untuk menghadapi tantangan saat ini, dia meminta pemuda untuk menetapkkan sasaran yang jelas dan terukur untuk kemajuan bangsa. Mental juara juga dibutuhkan untuk menghadapi tantangan zaman.

    "Mental juara yang siap gagal, kalau kita tidak mampu menyikapi kegagalan sebagai pembelajaran yang berharga tantangan baru selalu akan terlihat sebagai resiko bukan sebagai peluang," terang Nadiem.

    Keyakinan pemuda di tengah pandemi ini tak boleh terbendung. Nadiem menyebut semua masalah, sebesar dan serumit apapun pasti memiliki solusi.

    "Besar harapan saya generasi muda akan banyak berinovasi, agar kita dapat mengantarkan Indonesia ke tempat yang lebih maju dan sejahtera, yakinlah bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Selamat hari Sumpah Pemuda, tetap bersatu dan semangat untuk pulih dan bangkit," tutup dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id