Hilangkan Kejenuhan Siswa, Guru di Tangerang Ciptakan Kuis Tayo

    Hendrik Simorangkir - 26 Oktober 2020 21:20 WIB
    Hilangkan Kejenuhan Siswa, Guru di Tangerang Ciptakan Kuis Tayo
    Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat melaunching Quiz Tayo.. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir
    Tangerang: Ratusan guru di Kota Tangerang meluncurkan aplikasi Quiz Tayo berbasis games untuk mengusir kejenuhan di saat masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam kuis itu, berisikan pengetahuan umum tentang Kota Tangerang serta mata pelajaran Kurikulum 2013. 

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin mengatakan, aplikasi tersebut berisi pembelajaran mulai dari sejarah dan kebudayaan Kota Tangerang, Matematika, Bahasa Indonesia ataupun lainnya. Kemudian, lanjutnya, bisa melibatkan ribuan pelajar untuk sekali permainan, dengan angka yang tertinggi adalah pemenangnya.

    "Kita sama-sama tahu, pelajar ini sepertinya sudah jenuh melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), jadi ini salah satu solusi untuk mengusir kejenuhan namun tetap berisi ilmu pengetahuan atau pembelajaran," ujarnya, Senin, 26 Oktober 2020.

    Untuk membuat game ini, Jamaludin menuturkan pihaknya melibatkan sekitar 250 guru, mulai dari tingkat SD dan SMP untuk mengisi aplikasi tersebut.

    "Soal kuis yang ada itu 1.000 sampai 1.500 soal untuk siswa SD sampai SMP. Jadi nanti guru akan mengintruksikan siswa membuka web Tangerang Belajar atau buka aplikasi Tangerang Live, cari Tangerang Belajar, nanti ada Quis Tayo di sana," jelasnya. 

    Jamaludin berharap dengan adanya kuis tersebut siswa bisa me-refreshing rasa kebosanan terhadap pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19 ini. 


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id