Lima PTN Ini Gunakan Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 08 Februari 2020 09:09 WIB
    Lima PTN Ini Gunakan Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri
    Ilustrasi. Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso
    Jakarta:  Penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 jalur mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) menggunakan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang biasanya digunakan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).  Tercatat ada lima PTN yang merilis sistem penerimaannya akan menggunakan hasil UTBK.

    Kelima perguruan tersebut anatara lain Institut Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Negeri Yogyakarta.  Beberapa PTN ada yang memadukan nilai UTBK dan nilai rapor, yakni ITB dan ITS.

    Institut Teknologi Bandung

    Sementara untuk ITB ada tes keterampilan, yang tesnya dilakukan hanya bagi yang memilih jurusan di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).  Sedangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan kampus yang jalur seleksi mandirinya tidak menggunakan tes.

    Dilansir dari laman ITB, Seleksi Mandiri (SM) ITB tahun 2020 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua Fakultas atau Sekolah di ITB.  Adapun untuk penilainnya hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar Fakultas selain FSRD.

    Sementara untuk pendaftar di Fakultas FSRD masih harus mengikuti tes keterampilan. Pendaftaran SM ITB dilakukan secara daring di laman https://usm.itb.ac.id. Pendaftaran dimulai pada tanggal 9 Juni-9 Juli 2020.

    Tes keterampilan dilaksanakan pada 11 Juli 2020 di ITB Kampus Jatinangor. Pengumuman hasil Seleksi Mandiri (SM) – ITB akan dilaksanakan pada 17 Juli 2019, pukul 19.00 WIB.  Untuk biaya pendaftaran seleksi Fakultas atau Sekolah non-FSRD sebesar Rp100.000. Untuk pendaftar ke FSRD sebesar Rp150.000.

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember

    Pada Seleksi Mandiri Program Kemitraan dan Mandiri (PKM) 2020 ITS menggunkan hasil UTBK dan nilai rapor.  Untuk beberapa prodi seperti Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital pelamar harus mengunggah portofolio.

    Pendaftaran dapat dilakukan secara daring di https://smits.its.ac.id. Pendaftaran dimulai tanggal 15 Juni-5 Juli 2020.  Pengumuman akan dilaksanakan pada 10 Juli 2020.

    Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri PKM ITS ini sebesar Rp500.000.  Untuk informasi lebih lanjut terkait prodi dan kuota penerimaan bisa dilihat di laman ITS.

    Institut Pertanian Bogor (IPB)

    Seleksi Mandiri IPB pada tahun 2020 menggunakan dua metode, yaitu  melalui ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB atau menggunakan skor UTBK.  Untuk yang menggunakan skor UTBK hanya berlaku untuk skor UTBK Saintek.

    Bagi yang mengikuti UTM berikut materi yang diujikan untuk UTM-BK program sarjana.  Peserta akan mengikuti Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) yang meliputi TPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar.

    Jumlah soal yang diujikan sebanyak 90 soal. Waktu pengerjaan adalah 75 menit.  Sistem penilaian yang digukana adalah plus nilai 1 jika benar, dan nilai 0 jika salah.

    Kemudian Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD) untuk prodi Saintek meliputi : Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.  Jumlah soal sebanyak 80 soal. Waktu pengerjaan adalah 120 menit.
    Sistem penilaian untuk Pilihan Ganda adalah skor 4 jika benar dan -1 jika salah, 0 jika tidak menjawab.  Sementara itu isian singkat bernilai 4 jika benar, 0 jika salah atau tidak menjawab.

    Biaya pendaftaran untuk jalur ini sebesar Rp300.000 untuk peserta UTM-BK yang akan menggunakan Skor UTBK tahun 2019 atau Rp500.000 untuk peserta UTM-BK yang akan mengikuti ujian tulis.

    Proses pendaftaran dan sekaligus melengkapi berkas dimulai pada 4 Mei-2 Juli 2020 Pukul 16.00 WIB. Sementara jadwal cetak kartu peserta ujian dimulai 26 Juni. Untuk pelaksanaan Ujian Tulis pada 5 Juli 2020. Pengumuman dilaksankan pada 11 Juli 2020.

    Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Untuk UGM, Seleksi Mandiri penilaiannya menggunakan perpaduan dari UTBK dan nilai ujian tulis (Utul).  Belum ada informasi lebih lanjut terkait syarat dan biaya pendaftaran seleksi mandiri UGM ini.

    Universitas Negeri Yogyakarta

    Seleksi Mandiri UNY dibagi menjadi empat model seleksi, salah satunya menggunakan skor UTBK.  Dilansir dari laman UNY, seleksi calon mahasiswa baru D4 dan S1 berdasarkan skor hasil UTBK tahun 2020.  Untuk pendaftaran dikenakan biaya sebesar Rp200.000.

    Selain seleksi menggunakan skor UTBK.  Seleksi Mandiri UNY juga ada yang berbasis nilai rapot tanpa tes SM-Prestasi Akademik, kemudian SM-Prestasi Unggul, seleksi nontes berbasis prestasi dan terakhir SM CBT atau seleksi tes berbasis komputer.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id