Kampus Vokasi Diminta Prioritaskan Pembelajaran Teori di Awal Perkuliahan

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 25 Juni 2020 07:18 WIB
    Kampus Vokasi Diminta Prioritaskan Pembelajaran Teori di Awal Perkuliahan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, perkuliahan perguruan tinggi vokasi pada semester gasal 2020/2021 akan digelar secara daring. Pimpinan perguruan tinggi pun diminta mengatur jadwal perkuliahan antara teori dan praktik.

    Wikan menyarankan jadwal di awal semester diprioritaskan untuk pembelajaran teori. Dengan begitu, bisa sepenuhnya digelar secara daring.

    "Teori taruh depan daring full, ini bisa jalan terus sampai seoptimal mungkin sampai ke agenda praktik" kata Wikan dalam diskusi daring, Rabu, 24 Juni 2020.

    Wikan menuturkan, akan merepotkan apabila pembelajaran praktik dilakukan di awal semester. Sebab, banyak aturan yang harus disiapkan, mulai dari protokol kesehatan hingga kewajiban koordinasi dengan gugus tugas penanganan covid-19, dan pemerintah daerah.

    "Memungkinkan untuk hadir ke studio, lab, workshop, tetapi dengan protokol covid-19 ketat, berkoordinasi dengan gugus tugas penanganan covid-19 dan pemerintah daerah," jelasnya.

    Baca: Kemendikbud Tak Larang Mahasiswa Vokasi Magang saat Pandemi

    Wikan mengatakan, praktikum sebenarnya bisa digelar secara daring dengan memanfaatkan beragam media dan teknologi, salah satunya virtual reality (VR). Namun, belum tentu semua perguruan tinggi memilikinya. Mau tidak mau, perkuliahan praktikum harus digelar dengan tatap muka.

    "Dengan segala keterbatasannya atau dengan tatap muka dengan sifatnya di lab, studio dan workshop tidak di kelas, tidak ada pengumpulan massa," ujarnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id