Kehadiran Puspresnas untuk Optimalkan Potensi Anak Indonesia

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 25 Juni 2020 23:42 WIB
    Kehadiran Puspresnas untuk Optimalkan Potensi Anak Indonesia
    Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Asep Sukmayadi . Foto: Zoom

    Jakarta: Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Asep Sukmayadi mengatakan, hadirnya Puspresnas untuk mengoptimalkan potensi-potensi anak Indonesia di berbagai lini kecerdasan. Potensi-potensi tersebut diaktualisasi hingga menjadi sebuah prestasi, mulai dari level sekolah hingga internasional.

    “Prestasi itu bagian dari aktualisasi. Prestasi anak-anak Indonesia dipandang sebagai bagian dari pengembangan anak-anak kita di semua lini kecerdsan,” kata Asep dalam Diskusi Daring Manajemen Talenta Nasional Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis, 25 Juni 2020.


    Lebih lanjut ia menuturkan, tugas Puspresnas ini salah satunya untuk mengenalkan potensi yang ada di dalam anak-anak, sehingga orang tua maupun anak bisa menyadari potensi yang dimiliki.  Sehingga kemudian dapat difasilitasi dengan berbagai kegiatan.

    “Sehingga anak-anak Indonesia menyadari potensi yang ada di dirinya, kemudian dengan sadar mengembangkan potensi itu,” ujarnya.

    Baca juga:  Sekolah Swasta Sering Dianggap Bawahan Pemerintah

    Untuk itu, kata dia, tidak menjadi masalah jika anak memiliki kelemahan di satu atau beberapa bidang, tetapi ia memiliki potensi lain yang bisa dikembangakan. Seperti olah raga, literasi, seni, vokasi, hingga kewirausahaan.

    “Dia unggul dalam kompetensi yang lain, itu harus kita tracing, kita kembangkan dan promosikan,” tegasnya.

    Karena saat ini, pengembangan prestasi tidak lagi berdasarkan jenjang, namun memperhatikan kesinambungan potensi dan minat anak. Selanjutnya dikembangkan secara bersama-sama sekolah, orang tua dan Puspresnas.

    “Ketika anak itu suka akan olah raga, maka mulai dari orang tua, keluarga, sekolah, dan kami wajib mengembangkan itu secara optimal, sehingga menjadi kebanggan anak,” terangnya.





    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id