Jumlah Pendaftar KIP-Kuliah yang Lolos SNMPTN Meningkat

    Ilham Pratama Putra - 08 April 2020 12:19 WIB
    Jumlah Pendaftar KIP-Kuliah yang Lolos SNMPTN Meningkat
    Ilustrasi. Foto: ANT/Feny Selly
    Jakarta:  Jumlah siswa pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 meningkat dari tahun sebelumnya. Dari 95.346 peserta yang lolos SNMPTN 2020, 25.398 di antaranya merupakan siswa yang mengajukan KIP Kuliah.

    "Mengalami peningkatan dan angkanya kelulusannya cukup besar hingga 26,32 persen dari yang lolos merupakan pelamar KIP Kuliah," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih dalam konferensi video, Rabu 8 April 2020.

    Baca juga:  96.496 Siswa Lolos SNMPTN 2020

    Nasih tak merinci besaran peningkatan dari tahun sebelumnya saat KIP Kuliah masih bernama beasiswa Bidikmisi.  Dia hanya menyebut, tingkat kelulusan pada KIP-K ini lebih baik dari pada tahun lalu.

    "Bahkan tadi ada beberapa perguruan tinggi yang KIP Kuliahnya mencapai 50 persen dari total seluruh mahasiswa yang lolos melalui SNMPTN," ungkapnya.

    Baca juga:  KIP Kuliah Bakal Ditangani Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan

    Meski begitu diakui Nasih, jumlah pendaftar KIP Kuliah menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Hal ini diduga karena persoalan teknis dan mekanisme baru yang diterapkan saat pendaftaran tahun ini berbeda dengan sebelumnya saat masih Bidikmisi.

    Nasih optimistis, peserta KIP Kuliah bisa lulus karena memiliki nilai akademik yang baik. Bahkan melampaui pendaftar SNMPTN secara umum.

    "Saya optimis yang KIP Kuliah ini jauh melebihi nilai akademiknya baik, ranking-nya baik sehingga mereka layak masuk SNMPTN," tegas rektor Universitas Airlangga ini.

    Baca juga:  KIP Kuliah, Catat Langkah dan Syarat Pendaftarannya

    Pengumuman resmi hasil SNMPTN 2020 nantinya bisa diakses pendaftar pada pukul 13.00 WIB pada portal.ltmpt.ac.id. Peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir.

    Sebagai informasi, untuk tahun ini kuota KIP Kuliah mencapai 400 ribu mahasiswa. Sementara saat ini yang sudah menerima beasiswa yang dulunya bernama Bidikmisi ini sudah 368 ribu.
     
    Penerima KIP Kuliah akan mendapatkan pembiayaan yang sama dengan besaran bantuan pendidikan di program Bidikmisi. Setiap penerima KIP Kuliah akan mendapat pembiayaan sebesar Rp6,6 juta per mahasiswa yang dibayarkan setiap semester.
     
    Pembiayaan tersebut terbagi atas dua komponen. Yakni bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar Rp2,4 juta/semester/mahasiswa dan bantuan biaya hidup yang dibayarkan ke rekening mahasiswa sebesar Rp4,2 juta/semester/mahasiswa.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id