comscore

Mendikbud: Tak Boleh Ada Perpeloncoan di Sekolah

Intan Yunelia - 15 Juli 2019 12:41 WIB
Mendikbud:  Tak Boleh Ada Perpeloncoan di Sekolah
Mendikbud, Muhadjir Effendy meninjau Pengenalan Lingkungan Sekolah di SD-SMP Muhammadiyah Jakarta. Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menegaskan tidak boleh ada kegiatan perploncoan dalam bentuk apapun di masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Masa pengenalan sekolah seharusnya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

"Tidak boleh ada perpeloncoan. Justru yang mau kita hindari betul adalah tidak ada perpeloncoan," kata Muhadjir saat meninjau pelaksanaan PLS di SD Muhammadiyah 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 15 Juli 2019.

 



Muhadjir mengapresiasi salah satu program pengenalan sekolah saat meninjau SD 5 Muhammadiyah, Kebayoran Baru. Yaitu program kakak asuh. Setiap anak senior dilatih bertanggung jawab mengasuh adik kelas yang baru masuk sekolah tersebut.

"Saya kira ini adalah cara yang baik untuk menghindari bullying. Ingat anak yang baru ini kan baru masuk di lingkungan baru, perlu beradaptasi mudah-mudahan kakak-kakaknya juga bisa melakukan itu," jelas Muhadjir.

Baca:  Mendikbud Tinjau PLS Hari Pertama di Sekolah si Bungsu

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini berharap semua sekolah juga menerapkan program yang sama di setiap sekolah. Sehingga peran kakak kelas di sini bukan merundung, melainkan menjadi pengawas dan pelindung masing-masing adik asuhnya agar terhindar dari masalah.

"Jangan dinakali. Kalau ada adik-adik ini yang kurang baik, menghadapi ancaman, mohon tidak segan-segan memberi perlindungan.  Ini merupakan langkah yang sangat bagus, saya anjurkan semua sekolah juga melakukan program ini.  Saya tahu juga banyak sekolah yang sudah melakukan juga," pungkasnya


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id