comscore

PPKM Level 2 di Surabaya, Pemkot Asesmen Lokasi UTBK di Unesa

Renatha Swasty - 13 Mei 2022 15:33 WIB
PPKM Level 2 di Surabaya,  Pemkot Asesmen Lokasi UTBK di Unesa
Tim mengasesmen UTBK di Unesa. DOK Unesa
Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) gelombang pertama akan digelar pada 17-23 Mei 2022. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai salah satu pusat UTBK terus mematangkan persiapan.
 
Pematangan menyusul status Kota Surabaya yang kembali menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Unesa berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk asesmen lapangan guna memastikan tempat tes sesuai protokol kesehatan (prokes) dan aman bagi peserta maupun penyelenggara.

"Tentu kita harus benar-benar matangkan semuanya, karena ini berkaitan dengan keselamatan kita bersama, itu prioritas kami (Unesa) dan pemkot,” kata Ketua Satuan Admisi Unesa Sukarmin dikutip dari unesa.ac.id, Jumat, 13 Mei 2022.
Dia mengatakan sejauh ini Unesa sudah menyiapkan tempat atau lokasi UTBK dengan memperhatikan prokes. Seperti pengaturan tempat duduk peserta berjarak 1 meter, sirkulasi udara, dan menyediakan tempat cuci tangan termasuk hand sanitizer di beberapa titik.

“Nanti juga diatur arah masuk dan keluar pesertanya, sehingga tidak terjadi kerumunan. Jika memang nanti hasil asesmen ada catatan dari tim tentu segera kami benahi agar sesuai standar prokes dan kebijakan yang ada," tutur dia.

Tim Asesmen Pemkot Surabaya dari Satgas Covid-19, yang terdiri atas Dinkes, BPBD, dan Dispendik melakukan asesmen di pusat lokasi UTBK Unesa pada Kamis, 12 Mei 2022. UTBK Unesa digelar di tiga lokasi, yakni Unesa Kampus Lidah Wetan.

Tim menyurvei tiga gedung yang akan digunakan, yaitu Perpustakaan-Training Center, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Kemudian, Unesa Kampus Ketintang, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Teknik (FT). Lalu, Kampus mitra, Unusa Kampus B.

Koordinator Tim Asesmen Pemkot Surabaya Liliek Kartikawati mengatakan asesmen tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan UTBK Unesa khususnya dari sisi prokes. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dan memberi rasa aman dan nyaman kepada peserta maupun penyelenggara tes.

Dia menuturkan berkaitan dengan Kota Surabaya yang statusnya PPKM level dua, ada tiga hal yang diperhatikan dalam asesmen. Yaitu ventilasi ruangan, durasi tes, dan jarak duduk peserta termasuk arus keluar-masuk peserta.

“Kami lihat tadi, ruangan dan ventilasi sesuai standar ya, ada sirkulasi udara yang memadai dan sehat. Untuk durasi juga aman, karena ada skema setelah peserta selesai melakukan tes langsung bergegas meninggalkan lokasi untuk menghindari kerumunan. Sedangkan untuk jarak, peserta satu dengan yang lainnya berjauhan 1 meter,” kata Liliek.

Baca: Jelang UTBK-SBMPTN, Ini Barang yang Wajib Dibawa
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id