UI Tuan Rumah Final Kompetisi Bisnis dan Keuangan Nasional 2021

    Arga sumantri - 16 September 2021 20:25 WIB
    UI Tuan Rumah Final Kompetisi Bisnis dan Keuangan Nasional 2021
    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris. Foto: Dok Humas UI.



    Depok: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Kompetisi Bisnis Manajemen dan Keuangan (KBMK). UI menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara tersebut, yang berlangsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, Kampus Depok, pada tahap semifinal dan final, 13-16 September 2021.

    KBMK 2021 bertema 'Inovasi Anak Bangsa untuk Menghapus Kemiskinan serta Pemberdayaan Potensi Ekosistem Energi Bersih dan Terjangkau pada Konteks Persiapan Era Pasca Covid-19 dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan'. Ajang ini memiliki delapan bidang yang dikompetisikan. 

     



    Kedelapan bidang tersebut yaitu Perencanaan Bisnis Berbasis Pencapaian Suistainable Development Goals, Analisis Kasus Manajemen Pemasaran, Analisis Kasus Manajemen Operasional, Analisis Kasus Manajemen Sumber Daya Manusia, Komersialisasi Teknologi, Audit Investigatif, Karya Tulis, dan Riset Investasi.

    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris mengatakan, tema yang diangkat oleh KMBK kali ini sangat relevan dengan situasi terkini yang dihadapi bangsa. Pembahasan perekonomian Indonesia merupakan tema yang sedang hangat di masyarakat.

    "Dengan kondisi pandemi yang sudah mulai beranjak membaik, pemulihan perekononomian menjadi salah satu hal yang sangat digenjot pemerintah pada hari ini," ujar Haris dalam keterangannya, Kamis, 16 September 2021.

    Baca: UNS Tuan Rumah Konferensi Internasional 2nd Asia Pacific IEOM 2021

    Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta yang tetap bersemangat. Ia menilai para mahasiswa memiliki gagasan yang komprehensif di tengah kondisi yang serba tidak pasti hari ini. 

    "Keterlibatan para mahasiswa dalam kompetisi ini merupakan wujud nyata kontribusinya terhadap negara, melalui gagasan dan ide yang disampaikan," ujar Suharti.

    Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Asep Sukmayadi menyatakan, KBMK merupakan 1 dari 16 kegiatan yang dilakukan oleh Puspresnas untuk memacu prestasi para mahasiswa. KBMK memberi wadah bagi para mahasiswa untuk menuangkan ide dan kreasi di bidang bisnis dan manajemen keuangan. 

    Dengan tema seputar kondisi perekonomian pasca-Covid-19, mahasiswa mendapat ruang untuk menyampaikan ide dan kreasi tentang hal yang dapat dilakukan usai covid-19.

    Baca: Komisi X: Seleksi PPPK Guru Tak Ramah Guru Honorer Senior

    "Dengan keberadaan KBMK ini, para mahasiswa diharapkan mendapat banyak pengetahuan baru dari proses yang dijalaninya," ujar Asep.

    Peserta yang mendaftar untuk seleksi penyisihan KBMK 2021 lebih dari 450 tim, merepresentasikan berbagai wilayah di Indonesia. Sebanyak 88 tim yang berlaga di tahap final dan semifinal. 

    Kegiatan KBMK 2021 terdiri dari rangkaian mini seminar ketahanan industri keuangan, talkshow inovasi dalam masa pandemi, career fair, dan hiburan. Kegiatan ini juga akan menghadirkan juri dari berbagai pemangku kepentingan mulai dari akademisi, pemerintah, hingga industri. Komposisi juri tersebut mengimplementasi kerangka triple helix; akademisi, bisnis, pemerintahan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id