Orang Tua Harus Tanggung Jawab Bimbing Anak Belajar Bila Pilih PJJ

    Ilham Pratama Putra - 18 Juni 2021 11:09 WIB
    Orang Tua Harus Tanggung Jawab Bimbing Anak Belajar Bila Pilih PJJ
    Ilustrasi. Dok Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mewajibkan sekolah memberikan opsi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Khususnya, bagi guru dan tenaga kependidikan yang sudah menjalani vaksinasi covid-19.

    Namun, keputusan akhir untuk melepas anak ke sekolah tetap berada di tangan orang tua. Dengan begitu, sekolah tetap harus memberikan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Utamanya bagi orang tua yang tak memberi izin anaknya mengikuti PTM terbatas.

     



    Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Sri Wahyuningsih mengatakan orang tua yang tak memberi izin PTM terbatas kepada anaknya harus mau bertanggung jawab. Orang tua harus dapat memastikan bahwa pembelajaran anak di rumah dapat berjalan baik.

    Baca: Nadiem: Kalau PPKM, PTM Terbatas Dihentikan

    "Khawatirnya begini, sudahlah orang tua mengambil kehati-hatian yang ekstera dengan tidak memberikan izin anak belajar tatap muka, ternyata orang tua tidak bisa maksimal mendampingi putra putrinya di rumah," kata Sri dalam webinar Bersiap Sekolah Tatap Muka Terbatas, dikutip Jumat, 18 Juni 2021.

    Ia mencontohkan, pembelajaran anak di rumah bisa saja luput dari pendampingan orang tua karena sibuk bekerja. Atau, orang tua tak memiliki kompetensi dari mata pembelajaran anak.

    "Alasan kompetensi orang tua tidak maksimal, maka anak-anak juga tidak maksimal belajar dari rumah," sebutnya.

    Sri mengatakan, ada juga tipe orang tua yang 'terlalu sayang' dengan anak. Bahkan, agar anak tak kelelahan ketika PJJ, orang tua yang mengerjakan tugas sekolah.

    "Orang tua harus siap mengajari, jangan mengerjakan tugas anak-anak. Harus bisa mendampingi anak-anaknya belajar. Saat mengerjakan tugas ke PJJ yang mengerjkan bundanya, itu yang kita khawatirkan anaknya learning loss," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id