comscore

IAIN Takengon Buka Prodi Pariwisata Syariah

Citra Larasati - 16 Maret 2021 12:45 WIB
IAIN Takengon Buka Prodi Pariwisata Syariah
Foto: Kemenag
Jakarta:  Perkembangan wisata syariah direspons positif oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon. Kampus binaan Kemenag yang berada di wilayah Aceh Tengah ini membuka Program Studi (prodi) Pariwisata Syariah. 

Bersamaan itu, dibuka juga Prodi Pengambangan Masyarakat. Keduanya berada di Fakultas Syariah, Ushuluddin, dan Dakwah.
Selain itu, IAIN Takengon juga membuka Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah.
"Prodi Pariwisata Syariah dan dua prodi lainnya yang baru dibuka di IAIN Takengon akan mulai menerima calon mahasiswa mulai tahun akademik 2021/2022," terang Rektor IAIN Takengon Zulkarnain, di Takengon, Selasa, 16 Maret 2021.

Izin penyelenggaraan prodi Pariwisata Syari'ah berdasarkan KMA No. 62 Tahun 2021. Izin penyelenggaraan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam berdasarkan KMA No. 63 Tahun 2021. Sementara Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, izin penyelenggaraannya berdasar KMA No. 64 tahun 2021.

Dengan bertambahnya tiga prodi baru tersebut, IAIN Takengon sekarang mengelola 15 Program Studi.  "Kuota yang disiapkan untuk calon mahasiswa baru direncanakan satu rombongan belajar untuk masing-masing prodi," ujar Zulkarnain.

Baca juga:  Magister Ilmu Politik Unpad Raih Akreditasi A

Rektor menambahkan, saat ini pihaknya sedang mengupayakan agar penerimaan mahasiswa tiga prodi baru ini dapat melalui jalur Ujian Masuk PTKIN yang sedang berlangsung. Jika tidak, akan diusahakan agar bisa melalui ujian mandiri yang akan dibuka setelah UM-PTKIN selesai.

Terkait persiapan penyelenggaraan akademik pada ketiga prodi ini, kata Zulkarnain, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Focus Group Discussion (FGD). Forum ini akan membahas mata kuliah dan kurikulum pada masing- masing prodi.

FGD akan mengundang para pakar dalam bidang terkait, termasuk dari jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  "Saya berharap, FGD Tata Kelola Program Studi dapat menghasilkan rumusan mata kuliah dan kurikulum yang bermanfaat bagi lulusan dan pengguna lulusan nantinya," harapnya.

IAIN Takengon, lanjut Zulkarnain, saat ini juga sedang memproses unggah ulang usulan tiga prodi untuk program Pascasarjana strata dua (S2) pada aplikasi yang disiapkan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam. Ketiga prodi S2 tersebut adalah Ekonomi Syari'ah, Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 

"Kita berharap proses pengusulan prodi S2 ini berjalan lancar, sehingga tahun 2022 sudah dapat menerima mahasiswa," tandasnya.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id