UB Terima 551 Mahasiswa KIP Kuliah Jalur SNMPTN

    Daviq Umar Al Faruq - 03 April 2021 15:44 WIB
    UB Terima 551 Mahasiswa KIP Kuliah Jalur SNMPTN
    Universitas Brawijaya. Foto: Dok Humas UB.



    Malang: Sebanyak 551 calon mahasiswa baru di Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur, yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Jumlah tersebut masih mungkin bertambah.

    Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UB, Abdul Hakim, mengatakan, skema pemberian KIP yang baru akan membantu meningkatkan penerimaan universitas dari sumber Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). Selama ini, dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Rp2,4 juta sebagian besar berada dibawah kategori golongan III.






    "Tahun lalu jumlah kuota yang diberikan Kemendikbud pada UB untuk menerima mahasiswa KIP sebanyak 1.897 mahasiswa," kata Abdul Hakim, Jumat, 2 April 2021.

    Saat ini, Kemendikbud mengubah skema KIP Kuliah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan (uang kuliah) dan biaya hidup yang jauh lebih tinggi. Perubahan ini berlaku untuk mahasiswa baru yang menerima KIP Kuliah pada 2021.

    Baca: 446 Pendaftar Lolos PMDK Program Diploma Sekolah Vokasi UNS

    KIP Kuliah akan diberikan kepada 200 ribu mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah naungan Kemendikbud. 

    Adapun biaya pendidikan akan disesuaikan dengan prodi masing-masing. Untuk prodi berakreditasi A, mahasiswa penerima KIP Kuliah ini akan bisa mendapatkan maksimal Rp12 juta.  Kemudian, prodi berakreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp4 juta. Sementara itu, prodi berakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp2,4 juta.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id