PTKN Diminta Melakukan Lompatan Inovasi Birokrasi

    Arga sumantri - 01 April 2021 14:59 WIB
    PTKN Diminta Melakukan Lompatan Inovasi Birokrasi
    Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Foto: Dok Kementerian Agama



    Jakarta: Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi meminta Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) untuk melakukan lompatan inovasi birokrasi. Ini diperlukan untuk mewujudkan perbaikan layanan bidang pendidikan tinggi di Kementerian Agama (Kemenag) 

    Hal ini disampaikan Zainut kepada pimpinan PTKN saat menutup Focus Group Discussion Pengelolaan Keuangan PTKN, di Makassar. "Bapak Ibu sekalian harus terus melakukan lompatan-lompatan birokrasi secara tidak linier. Ini harus dilakukan sebagai adaptasi kita di era disrupsi," ungkap Zainut mengutip siaran pers, Kamis, 1 April 2021.






    Menurut dia, dalam era disrupsi saat ini, transformasi digital menjadi keharusan dalam pelayanan publik. "Ini penting untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik di lingkungan PTKN," tegasnya. 

    Kreasi dan inovasi, lanjut dia, harus terus dilakukan guna menciptakan birokrasi yang mampu menjawab kebutuhan publik. Lakukan pemetaan dan analisa terkait kebutuhan publik terhadap layanan pendidikan. 

    "Lakukan juga pemetaan dan analisa sumber daya manusia yang kita miliki guna menunjang perbaikan birokrasi," ujarnya.

    Baca: PTM Terbatas, Komite Sekolah Siap Jadi Gugus Tugas Covid-19

    Terkait pengelolaan keuangan, Zainut juga meminta dilakukan peningkatan kualitas perbendaharaan. Berikan pendidikan perbendaharaan yang profesional bagi pengelola keuangan. 

    "Ini agar sumber daya manusia kita mampu melakukan pelaporan keuangan yang profesional juga," ucap dia. 

    Kegiatan FGD bertema Peningkatan Kualitas Tata Kelola APBN di PTKN yang Transparan dan Akuntabel Berbasis IT  ini diikuti 34 PTKN non BLU se-Indonesia. FGD ini berlangsung selama tiga hari, 29-31 Maret 2021. 

    Rektor UIN Alauddin Makassar Hamdan Juhanis yang bertindak sebagai tuan rumah mengungkapkan FGD ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman pengelolaan keuangan bagi pimpinan PTKN.  "FGD ini akan dilakukan pada tiga zona. Zona Medan, Makassar, dan Yogyakarta," kata Hamdan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id