Kemendikbud Terbitkan Aturan Perkuliahan di Semester Genap 2020/2021

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 03 Maret 2021 15:26 WIB
    Kemendikbud Terbitkan Aturan Perkuliahan di Semester Genap 2020/2021
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Pembelajaran di perguruan tinggi sudah memasuki semester genap tahun akademik 2020/2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sudah membuat atiran penyelenggaraan pembelajaran di tengah pandemi.

    Penyelenggaran pembelajaran tersebut diatur melalui Surat Edaran (SE) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Dikutip dari akun Instagram Ditjen Dikti @ditjen.dikti sudah ada beberapa kebijakan yang dikeluarkan berdasarkan surat edaran tersebut.






    Berikut beberapa kebijakan Ditjen Dikti:
    1. Pembelajaran di perguruan tinggi pada semester genap diselenggarakan secara campuran (tatap muka dan dalam jaringan atau daring), disesuaikan dengan status dan kondisi setempat.
    2. Masa belajar paling lama bagi mahasiswa tingkat akhir, dapat diperpanjang satu semester dan pengaturannya diserahkan kepada pimpinan perguruan tinggi sesuai dengan kondisi dan situasi setempat
    3. Masa periode pembelajaran semester genap tahun akademik 2020/2021 pada seluruh jenjang program pendidikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi
    4. Persiapan pelaksanaan pada poin 1 sampai 3 dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) stempat.
    Baca juga:  Sivitas UGM Kini Bisa Buat Paspor di Kampus

    Perguruan tinggi diimbau agar tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus. Mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat sekitar.

    Selain itu, protokol kesehatan wajib diterapkan selama penyelenggaran pembelajaran tatap muka baik perkuliahan, praktikum, penelitian maupun bentuk pembelajaran lainnya.

    Pihak perguruan tinggi diharapkan juga membantu mahasiswa yang melakukan pembelajaran dari rumah.  Tujuannya agar capaian pembelajaran dapat tercapai.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id