Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1/D4 ke Amerika Kembali Dibuka

    Citra Larasati - 27 Januari 2021 10:31 WIB
    Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1/D4 ke Amerika Kembali Dibuka
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta:  Beasiswa Global Undergraduate Exchange (Global UGRAD) Program kembali menerima aplikasi hingga tenggat waktu 28 Februari 2021.  Beasiswa ini khusus bagi mahasiswa S1/D4 Indonesia yang berkuliah di perguruan tinggi dalam negeri. 
     
    Penerima beasiswa ini nantinya akan ditempatkan di berbagai universitas atau akademi komunitas (community college) yang ada di AS selama satu semester, mereka akan mendapatkan akomodasi dengan ditempatkan di dalam kampus, agar mereka bisa menjalin pertemanan dengan mahasiswa AS atau mahasiswa internasional lainnya, serta saling belajar dan bertukar budaya satu sama lain. 

    “Salah satu hal menarik bagi saya selama menjadi Global UGRAD adalah mengenal orang-orang baru yang memiliki latar belakang yang jauh berbeda dengan saya," kata Asri Syawalia, Global UGRAD’er 2019 dari Universitas Bangka Belitung yang ditempatkan di Castleton University, dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 Januari 2021.






    Asri menambahkan, termasuk teman-teman dari Amerika yang tampak individualis, namun ternyata begitu cekatan dan tulus membantunya saat ia membutuhkan bantuan. "Pergaulan di sana pun cukup santai, namun obrolan-obrolannya berkualitas, baik tentang pelajaran di kelas maupun hal-hal menarik lainnya," imbuh Asri.

    La Ode Musaldin dari IAIN Kendari juga ikut membagikan pengalamannya.  Awalnya, Musaldin mengira orang Amerika tidak seperti orang Indonesia yang suka merayakan hari-hari besar bersama orang-orang di sekitar mereka.

    "Saya dulu berpikir mereka individualis. Tetapi setelah menghadiri perayaan tersebut saya menyadari bahwa orang Amerika juga suka merayakan hari besar seperti orang Indonesia dan bukan individualis," terang Musaldin.

    Misalnya, pada hari Thanksgiving mereka berkumpul di gereja dan merayakannya bersama. "Hal yang sama pada Halloween dan parade mudik. Orang-orang suka merayakan hari besar bersama komunitas mereka," tuturnya.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id