Regulasi Tentang Sisdiknas dan Guru Sudah Waktunya Direvisi

    Ilham Pratama Putra - 21 Januari 2021 15:08 WIB
    Regulasi Tentang Sisdiknas dan Guru Sudah Waktunya Direvisi
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Direktur Eksekutif Sekolah Sukma Bangsa, Ahmad Baedowi menilai saat ini waktu yang tepat untuk merevisi undang-undang menyangkut pendidikan. Ada UU tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan UU tentang Guru dan Dosen yang dianggap sudah waktunya diubah.

    "Ini revisi total saja mumpung. Paling konkrit itu menurut saya mengubah UU ini merevisi semua UU itu," kata Baedowi dalam diskusi forum Denpasa 12 secara daring, Rabu, 20 Januari 2021.




    Menurut dia, pemerintah dan DPR harus serius membenahi pendidikan lewat revisi regulasi. Bahkan, ia mendorong Presiden Joko Widodo turun tangan agar polemik tentang guru dan tata kelola pendidikan nasional bisa diatasi.

    "Presiden harus coba ambil alih ini," ucap dia. 

    Baca: Catatan Kritis tentang Polemik Guru dan Tata Kelola Pendidikan Nasional

    Bagi Baedowi, masalah pendidikan bukan sekadar tanggung jawab Mendikbud Nadiem Makarim atau mungkin Mendagri Tito Karnavian. Jokowi justru patut juga ambil bagian.

    "Kalau pak Jokowi ingin dicatat legacynya mengubah sistem pendidikan itu, dia harus dudukkan menteri dengan DPR, revisi bareng," tuturnya.

    Baedowi juga menyoroti perdebatan yang terjadi soal perekrutan guru Aparatur Sipil Negara (ASN). Bagi dia, profesi guru bukan sekadar status, melainkan sebuah profesi yang mulia.

    Ia menilai tata kelola berkelanjutan lebih penting ketimbang sekadar meributkan status guru. "Guru itu spesial, Teacher is teacher," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id