Nadiem Beberkan Proyeksi Penggunaan DAK Pendidikan 2021

    Ilham Pratama Putra - 05 Januari 2021 20:13 WIB
    Nadiem Beberkan Proyeksi Penggunaan DAK Pendidikan 2021
    Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan jika anggaran pendidikan 2021 sebesar Rp550 triliun. Ini merupakan alokasi 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar Rp 2.750,02 triliun.

    Namun, kata Nadiem, anggaran yang benar-benar dikelola Kemendikbud hanya sebesar Rp81,5 triliun. Sebab, alokasi anggaran pendidikan dari APBN itu juga dibagi ke beberapa kementerian lainnya yang turut mengurus pendidikan.

    Nadiem berencana anggaran yang masuk ke Kemendikbud bakal digunakan untuk mengembangkan wilayah. Hal ini agar kesenjangan pendidikan dapat teratasi.

    "Selain itu kita ingin menjamin pemerataan hingga menghasilkan SDM berkualitas dan berdaya saing," kata Nadiem dalam taklimat media awal tahun, Selasa, 5 Januari 2021.

    Menurut Nadiem, pengembangan itu juga dipisah berdasarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dan DAK fisik. Anggaran sebesar Rp116,6 triliun digelontorkan untuk DAK Non Fisik, dan DAK Fisik sebesar Rp17,78 triliun.

    Penggunaan DAK Non Fisik, kata dia, akan dipakai untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Targetnya, ada 44,6 juta siswa dengan anggaran Rp 53,4 triliun. Lalu, ada Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ditargetkan menyentuh 6,6 juta siswa dengan anggaran sebesar Rp 4,01 triliun.

    Kemudian, untuk Tunjangan Profesi Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) dengan sasaran 1,08 juta guru. Pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp 55,36 triliun.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id