comscore

UNS Buka Prodi Baru Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Citra Larasati - 30 September 2021 13:10 WIB
UNS Buka Prodi Baru Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Kampus UNS. Foto: UNS/Humas
Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Xihua University, Tiongkok. Penandatanganan MoU ini untuk mempersiapkan pembukaan Program Studi (Prodi) baru bertaraf internasional, yaitu Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

Prodi baru ini rencananya akan berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS. Acara penandatanganan MoU pembukaan Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok dihadiri secara daring oleh pimpinan dari kedua perguruan tinggi.
Dari UNS, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan, Sekretaris UNS, Drajat Tri Kartono, Direktur Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho, Dekan FIB UNS, Warto, dan Direktur Confucius Institute (CI) UNS, Stephanie Phanata.

Sedangkan, dari Xihua University dihadiri oleh Rektor Xihua University, Liu Shugeng, Wakil Rektor bidang Kerja sama Internasional, Xihua University, Fei Ling, Direktur Pusat Bahasa Mandarin (PBM) UNS dari Tiongkok Assoc, Lu Yu, dan Dekan Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University PAN Shuxian.

Dalam sambutannya, Sajidan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dekanat FIB UNS, CI UNS, dan Xihua University yang konsisten mewujudkan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan Indonesia-Tiongkok walau pandemi Covid-19 masih melanda dunia.

Sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama pendirian CI di FIB UNS yang telah dilakukan pada tahun 2018 silam, UNS melalui CI UNS dan Xihua University telah aktif menggelar banyak kegiatan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Sajidan mewakili Rektor UNS, Jamal Wiwoho menambahkan, pendirian prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok merupakan langkah serius UNS untuk membangun dan mengembangkan kerja sama internasional, pascapenetapan UNS sebagai PTNBH pada tahun 2020 lalu.

“Kerja sama ini dapat menyatukan bidang budaya dan sastra menjadi sarana yang mengumpulkan budaya Jawa dan Bashu dalam kajian bahasa Mandarin-Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pimpinan dan Sivitas Akademika Xihua University dan PBM UNS dan harapan kami tentunya seperti harapan kita semua pendirian Prodi ini dapat berkontribusi lebih baik untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujar Sajidan.

Ucapan terima kasih yang disampaikan Sajidan mendapat balasan dari Rektor Xihua University. Dalam sambutannya sebelum penandatanganan MoU, ia mengatakan UNS sebagai mitra kerja sama telah mengimplementasikan poin kesepakatan dengan tulus dan jujur.

Baca juga:  UNS Jalin Kolaborasi Riset dengan Salah Satu Kampus di Qatar

Hal itu dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah digelar oleh PBM UNS, seperti webinar bertaraf internasional dengan tema “Menjalin Persahabatan Jawa dan Bashu Untuk Memperkuat Kerja Sama Internasional Antara UNS dan Xihua University” hingga Cloud Summer Camp.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id