Kemenag Dorong Transformasi STAIN Jadi IAIN

    Citra Larasati - 05 Juni 2021 16:15 WIB
    Kemenag Dorong Transformasi STAIN Jadi IAIN
    Ilustrasi. Foto: MI



    Jakarta:  Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali mendorong Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) agar segera bertransformasi menjadi institut. 

    "Lembaga Pendidikan Tinggi binaan Kementerian Agama yang masih STAIN kiranya bisa menjadi Institut, karena selayaknya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) itu berstatus Institut," kata Nizar Ali, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 5 Juni 2021.

     



    Menurut Nizar Ali, Kemenag patut bersyukur atas bertransformasinya enam IAIN menjadi Universitas. Ia berharap ini menjadi penyemangat bagi STAIN agar juga menjadi Institut. 

    Selanjutnya, Nizar menyarankan pimpinan pendidikan tinggi Islam untuk membangun klaster-klaster PTKI. "Harus ada klaster PTKI, kategorisasi diantara UIN, harus ada Prodi yang khusus pada masing-masing PTKI. Konsen ini menjadi afirmasi bagi para Rektor," kata Nizar Ali. 

    Baca juga:  Kemendikbudristek Beberkan Prioritas Penerima KIP-K 2021

    Selain itu juga, tambah Nizar, akreditasi nasional pada PTKI, harus disiapkan juga agar memiliki daya saing yang unggul. "Yang tak kalah penting adalah implementasi Moderasi Beragama di PTKI dengan membuat Diklat Moderasi Beragama pada sivitas akademika," papar Nizar. 

    Bagi Nizar Ali, riset-riset Moderasi Beragama harus tetap digencarkan. Basis penelitian adalah output penelitian, bukan laporan-laporan kuitansi dan lainnya. 

    "Jika basisnya output, hasil-hasil penelitian yang berkualitas nanti akan semakin melonjak jumlahnya lahir dari PTKI," kata Nizar Ali.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id