Perguruan Tinggi Punya Pesaing Baru: Industri Edutech!

    Medcom - 16 Oktober 2021 12:34 WIB
    Perguruan Tinggi Punya Pesaing Baru: Industri <i>Edutech</i>!
    Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (BK-PTKI), Prof Nindyo Pramono. Foto: Dok UKI



    Jakarta: Persaingan di sektor pendidikan tinggi bukan lagi antar-perguruan tinggi. Pelaku industri edutech juga menjadi saingan berat. Pendidikan formal diuji.

    "Dunia mengalami disrupsi ganda yang disebabkan perkembangan teknologi digital dan pandemi covid-19. Persaingan di sektor pendidikan bukan lagi antarperguruan tinggi, melainkan perguruan tinggi dengan pelaku industri edutech," kata Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (BK-PTKI), Prof Nindyo Pramono, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 16 Oktober 2021.

     



    Untuk itu, perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan formal harus memiliki visi dan misi sebagai pencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter. "Tak terkecuali perguruan tinggi Kristiani yang harus mengembangkan karakter seperti Kristus," kata Nindyo.

    Ia menambahkan relevansi pendidikan tinggi di tengah disrupsi dunia tampaknya perlu mendapat perhatian serius. Ketika Indonesia mulai memperkenalkan ‘Merdeka Belajar’, pandemi justru semakin mempercepat transformasi teknologi digital industri pendidikan. 

    "Perguruan tinggi Kristen tidak cukup hanya bertahan di tengah disrupsi, tetapi terus berjuang untuk tetap relevan dengan zaman, sekaligus menjadi garam dan terang dunia," kata Nindyo dalam Sidang Terbuka Senat Peringatan Dies Natalis ke-68 Universitas Kristen Indonesia (UKI) pada Jumat, 15 Oktober 2021.

    Dalam laporan tahunan, Rektor UKI Dhaniswara K Harjono menjelaskan Dies Natalis ke-68 ini bersamaan dengan UKI menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Tahunan BK-PTKI yang dilaksanakan pada 15 hingga 16 Oktober 2021. 

    Baca: Aptisi: Pemerintah Harus Obati Sistem di Lembaga Akreditasi Mandiri Kampus

    Dies Natalis UKI mengambil tema Kemandirian dan Optimalisasi Kerja Sama UKI dalam Menyongsong Internasionalisasi Perguruan Tinggi. Tema ini dipilih dalam semangat meningkatkan kerja sama UKI secara nasional dan internasional. Salah satunya dengan BK-PTKI. 

    "Pemilihan tema ini merupakan respon terhadap tuntutan perguruan tinggi menghasilkan capaian yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dalam semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka," ujar Dhaniswara.

    Rangkaian kegiatan Dies Natalis UKI antara lain Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dan Lomba Kreatif dalam berbagai kategori. Dilakukan pula ziarah ke makam pendiri UKI. 

    Semangat perayaan ulang tahun ini juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan bagi insan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa berprestasi.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id