'Ospek' UGM Tahun Ini Kembali Digelar Daring

    Arga sumantri - 29 Juli 2021 16:10 WIB
    Ospek UGM Tahun Ini Kembali Digelar Daring
    Kampus UGM. Dok Humas UGM.



    Yogyakarta: Pelaksanaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada (PPSMB UGM) tahun 2021 tetap akan dilaksanakan secara daring. Kebijakan ini diambil karena masih dalam situasi pandemi covid-19.

    "Secara umum dan substansial itu sama, ada acara PPSMB Universitas, PPSMB Fakultas, soft skill, dan ada action plan. Namun, tentu saja akan dikemas lebih menarik lagi dan mengikuti tren era maba 2021," tutur Direktur Kemahasiswaan UGM, R. Suharyadi, mengutip siaran pes UGM, Kamis, 29 Juli 2021.

     



    PPSMB UGM terdiri dari dua kegiatan yaitu bersifat asinkronus dan sinkronus. Cakupan materi berupa hal-hal tentang UGM, penanggulangan kekerasan seksual, korupsi, mental health, serta sejarah berdirinya UGM. 

    Pada sesi sinkronus, Gadjah Mada Muda (Gamada), sebutan bagi mahasiswa baru UGM, akan dapat berinteraksi secara langsung dengan co fasilitator yang dapat berupa sesi diskusi dan kuis. Pada sesi asinkronus PPSMB telah dirancang pula dengan baik dan matang sehingga mahasiswa baru akan tetap merasakan nuansa PPSMB.

    "Terdapat Opening dan Closing Ceremony yang selalu ditunggu tunggu," ujar Tim Task Force PPSMB PALAPA UGM Nurulia Hidayah.

    Baca: ISI Yogyakarta Terapkan PPKM, Ini Ketentuannya

    Keseluruhan kegiatan PPSMB UGM bersifat daring dimulai dengan PPSMB pada tingkat universitas pada 2-3 Agustus, PPSMB tingkat fakultas 4-5 Agustus,  pembelajaran soft skill 6-7 Agustus, dan closing ceremony pada 7-10 Agustus.

    "Hingga tanggal 27 Agustus, PPSMB ini akan diikuti total 9140 Gamada, namun ini belum jumlah keseluruhan dari total Gamada yang diterima karena masih terdapat beberapa yang masih melakukan registrasi," tutur Suharyadi.

    PPSMB diharapkan akan mengenalkan UGM kepada mahasiswa baru dari mulai sejarah, filosofi, dan peraturan di dalamnya. PPSMB juga untuk mengenalkan fasilitas dan prestasi yang dimiliki UGM. Selain hal tersebut, PSSMB akan mengenalkan mahasiswa baru dengan fakultasnya dan membekali mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dalam lingkungan universitas.

    "Penugasan dalam PPSMB secara umum berupa esai ilmiah, life plan, membuat poster, membuat video pendek, serta ide gagasan untuk action plan.Tujuan adanya tugas ini adalah untuk mempersiapkan gamada sehinga ketika perkuliahan sudah berlangsung mahasiswa dapat beradaptasi," jelas Nurlia Hidayah.

    PPSMB mempertimbangkan keseluruhan rangkaian kegiatan sehingga diharapkan nuansa PPSMB tetap akan dirasakan oleh Gamada.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id