DKI Beri Lampu Hijau Pekan Kebudayaan Nasional

    Ilham Pratama Putra - 07 Juli 2020 18:08 WIB
    DKI Beri Lampu Hijau Pekan Kebudayaan Nasional
    Ilustrasi. Foto: Antara
    Jakarta: Kemendikbud bakal menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional pada 1 hingga 7 Oktober 2020 di DKI Jakarta.  Agenda tersebut telah mendapatkan lampu hijau dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta sebagai tuan rumah.

    "Kami sudah berkomunikasi ketika beliau (Dinas Pariwisata DKI Jakarta) lihat persiapan. Beliau bilang, Waduh ini sudah lebih cukup’. Ya Alhamdulillah berarti, Kita udah bisa menyelenggarakan paling tidak untuk konteks DKI," kata Hilmar dalam Konferensi Video, Selasa, 7 Juli 2020.

    Panduan persiapan itu merujuk pada protokol kesehatan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud, Nadiem Makarim dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio. Seperti kebijakan wajib menggunakan masker, sterilisasi tempat kegiatan, hingga pengecekan suhu tubuh pekerja dan pengunjung.

    Baca juga:  Cagar Budaya Hingga Bioskop Siap Dibuka

    Namun bagaimana kelanjutan dari penyelenggaraan akan diserahkan kembali ke Pemerintah provinsi. "Ya kita akan konsisten bahwa kewenangan untuk ya atau tidaknya, bisa jalan atau tidaknya di wilayah DKI itu adalah Pemprov," tutur Hilmar.

    Pihaknya mendorong agar kegiatan seni dan industri kreatif bisa lebih masif dengan turunnya SKB tersebut. Menurutnya, yang terpenting penyelenggara bisa mengutamakan kesehatan dan keselamatan pekerja di lapangan dan para pengunjung.

    "Saya kira Kita akan bikin pertemuan-pertemuan yang lebih intens membahas ini. Sehingga betul-betul nanti regulasi ini berjalan. Memang betul-betul bisa diimplementasikan di lapangan," sambungnya.

    Hilmar berharap SKB ini juga mempermudah penyelenggara dalam berkegiatan. Sebab SKB ini dapat menjadi panduan dan payung hukum bagi penyelenggara.

    "Karena Kita tahu persis, selama ini banyak kegiatan terhenti, tertunda bahkan batal dan pengaruhnya itu secara ekonomi bagi masing-masing pengelola juga tidak kecil. Dengan adanya regulasi harapannya pelan-pelan bisa pulih sektor-sektor di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif," katanya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id