Nadiem Menargetkan Masyarakat Merdeka dari Buta Aksara

    Ilham Pratama Putra - 08 September 2020 15:02 WIB
    Nadiem Menargetkan Masyarakat Merdeka dari Buta Aksara
    Mendikbud Nadiem Makarim. Zoom
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut merayakan Hari Aksara Internasional yang ke-55. Tema yang diangkat oleh Kemendikbud ialah pembelajaran literasi di masa pandemi covid-19, momentum perubahan paradigma pendidikan.

    Mendikbud Nadiem Makarim menyebut peringatan tahun ini merupakan semangat untuk memerdekakan Indonesia dari buta aksara. Saat ini, tingkat buta aksara Indonesia berada di angka 1,78 persen.

    "Pemerintah senantiasa terus mengupayakan agar seluruh masyarakat lepas merdeka dari permasalahan buta aksara," ujar Nadiem dalam acara Hari Aksara Internasional melalui siaran Youtube Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Selasa, 8 September 2020.

    Baca: Empat Langkah Kemendikbud Mengatasi Buta Aksara

    Nadiem mengungkapkan, bebagai strategi untuk mengatasi buta aksara. Di antaranya memutakhirkan data buta aksara, memperluas layanan pendidikan program keaksaraan, mengembangkan sinergi dalam upaya penuntasan buta kasara, dan pemeliharaan kemampuan keberaksaraan masyarakat.

    "Serta yang terakhir mengakselerasi inovasi layanan program pada daerah terpadat buta aksara," jelasnya.

    Kemendikbud mengajak seluruh pihak untuk bergotong royong memperjuangkan pendidikan yang inklusif untuk mengentaskan permasalahan buta aksara. Meskipun kini Indonesia masih terjebak dalam pandemi covid-19.

    "Kita harus mengambil hikmah dari pandemi. Saat pandemi selesai, kita harus yakin akan keluar menjadi pemenang yang terus memiliki harapan dan cita-cita untuk mengentaskan buta aksara dari negara kita tercinta, dan menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id