Saling Telepon, Jadi Penawar Rindu Teman Sekolah

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 19 Maret 2020 18:08 WIB
    Saling Telepon, Jadi Penawar Rindu Teman Sekolah
    Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto Bronto
    Jakarta: Penyebaran virus Korona yang begitu cepat di Indonesia membuat sejumlah daerah mengganti pembelajaran tatap muka di sekolah menjadi jarak jauh atau daring. Namun baru tiga hari belajar di rumah dilaksanakan, siswa mengaku sudah merindukan sekolahnya. 

    Belajar di rumah atau ketika sekolah diliburkan biasanya menjadi kabar gembira yang akan disambut meriah oleh siswa.  Namun kekinian kondisi  tersebut justru dikeluhkan siswa, lantaran ketika belajar di rumah disambut dengan tugas dari guru yang tidak sedikit.   

    Tidak hanya tugas, kerinduan akan berkumpul bersama teman-teman di sekolah juga muncul dan diperkirakan bakal menumpuk hingga masa belajar di rumah selesai sekitar 11 hari ke depan.

    Raihan Rafi Siswa Kelas XII SMA Islam Sabilillah Malang mencurahkan ceritanya belajar di rumah dan bagaimana ia tetap menjaga komunikasi dengan teman-temanya. Menurutnya, kondisi di mana ia harus belajar dari rumah dan tetap berada di dalam di rumah membuatnya tak bisa berjumpa dengan teman-teman sekolah diakuinya cukup menyiksa.

    “Ya enggak enak sih. Soalnya enggak ketemu teman. Enggak intensif,” tutur Raihan kepada Medom.id, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

    Baca juga:  Belajar di Rumah, Siswa Kangen 'Mabar PUBG' di Sekolah

    Untuk itu, agar tetap bisa melepas rindu dengan teman-temannya, ia biasanya saling menelepon. Upaya itu membuatnya lega melepas rindu, apalagi akhir Maret nanti ia sudah mulai melaksanakan Ujian Nasional (UN). 

    “Chat sama telepon teman seangkatan lebih dari lima orang gitu berbarengan,” ujarnya.

    Raihan menjelaskan, untuk pembelajaran daring yang ia dapat, tugas terus menerus digelontorkan dengan tenggat waktu pengumpulan yang singkat.  Menurutnya harus diperlonggar waktu pengumpulanya.

    Selain itu juga, tidak hanya sekadar tugas, sekolahnya juga meneraokan sharing, diskusi live streaming sehingga bisa langsung bertanya ketika mengalami kesulitan.

    “Kalau menurutku, pembelajaran online-nya melalui aplikasi saja bagus dan untuk tugas diberi kebebasan waktu. Pokoknya harus dikumpulkan sebelum deadline. Kalau enggak paham sama materinya bisa tanya ke gurunya langsung melalui aplikasi live streaming. Di samping menghemat waktu dan memaksimalkan penyerapan materi untuk dipahami,” harapnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id