Pemerintah Bakal Beri Ruang Industri Tentukan Arah Pendidikan Vokasi

    Ilham Pratama Putra - 13 Mei 2020 16:18 WIB
    Pemerintah Bakal Beri Ruang Industri Tentukan Arah Pendidikan Vokasi
    Ilustrasi. Siswa SMK magang di Thailand. Dok Humas Kemendikbud
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyusun arah pendidikan vokasi Indonesia. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Iwan Syahril menyebut arah pendidikan vokasi tergantung permintaan dan kebutuhan industri.

    "Prinsipnya industri diberi ruang untuk bisa menentukan arah pendidkan vokasi," kata Iwan dalam konferensi video, Rabu, 13 Mei 2020.

    Menurut Iwan, industri adalah pihak yang memahami benar apa yang dibutuhkan, sehingga patut menentukan arah pendidikan vokasi di Indonesia. Harapannya, bisa terjadi keselarasan kurikulum pada pendidikan vokasi di masa mendatang.

    "Jadi apa yang dilakukan SMK dan Politeknik sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak cuma terjadi yang penting telah pendidikan," jelasnya.

    Baca: Anggapan Vokasi Sebagai Pilihan Cadangan Harus Diubah

    Penyelarasan ini, kata Iwan, juga mengejar visi misi presiden Joko Widodo, yakni menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul. "Jangan jauh panggang dari api. Prinsip mendekatkan industri ini termasuk bagaimana mereka diberikan ruang," tambah Iwan.

    Iwan mengatakan penyusunan arah pendidikan vokasi ada pada direktorat jenderal vokasi. Apabila dipegang oleh Ditjen GTK, menurutnya vokasi tidak leluasa untuk berinovasi.

    "Takutnya kalau di GTK nanti malah tidak nyambung dengan apa yang industri butuhkan. Ini satu hal yang di Kemendikbud jadi prioritas, bahwa pendidikan vokasi harus bisa menjembut tantangan zaman yang banyak ketinggalan," tutupnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id