Permendikbud 82 Dinilai Bisa Kurangi Kekerasan Seksual di Sekolah

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 Juli 2019 02:00 WIB
    Permendikbud 82 Dinilai Bisa Kurangi Kekerasan Seksual di Sekolah
    Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
    Jakarta: Kekerasan dan kejahatan seksual masih menjadi pekerjaan rumah untuk pendidikan di Indonesia kendati sudah ada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

    Direktur Eksekutif Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Generasi Ena Nurjanah mengatakan hanya segelintir sekolah dan guru yang tahu tentang Permendikbud tersebut. Ia menyayangkan belum efektifnya aturan tersebut. Padahal payung hukum tersebut bisa mengurangi terjadinya kekerasan dan kejahatan di lingkungan pendidikan.

    "Paling tidak bisa mengurangi.  Kalau tidak Permendikbud itu sampai saat ini mandul sangat disayangkan," kata Ena dalam diskusi bertajuk 'PR Pendidikan di Hari Anak' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 20 Juli 2019 

    Ia berharap sosialisasi mengenai Permendikbud tersebut digalakkan kembali agar bisa dipahami banyak pihak sebagai upaya pencegahan kejahatan seksual. Sebab dalam beberapa kesempatan Ia menemukan guru bahkan dinas belum mengetahui tentang Permendikbud yang dikeluarkan lima tahun lalu itu. 

    "Upaya-upaya pencegahan harus dilakukan. Masih sangat minim, masih segelintir," ujarnya.

    Berdasarkan catatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam kurun waktu enam bulan pertama di 2019, tercatat sebanyak 13 kasus kekerasan seksual. Kasus tersebut terjadi pada jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak sembilan kasus dan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak empat kasus.

    Korban kekerasan tersbeut bukan hanya terjadi pada siswi perempuan tetapi juga siswa laki-laki. Sebanyak empat kasus korbannya merupakan para siswa. Pelakunya didominasi oknum guru dan kepala sekolah dengan lokasi yang tidak jauh dari lingkungan sekolah, seperti laboratorium, tempat ibadah sampai kebun belakang sekolah.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id