comscore

Keren, ITS Sabet Juara 1 di Empat Kategori dalam Kontes Robot Indonesia Seleksi Wilayah 2022

Renatha Swasty - 14 Juni 2022 15:33 WIB
Keren, ITS Sabet Juara 1 di Empat Kategori dalam Kontes Robot Indonesia Seleksi Wilayah 2022
Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) I Ketut Eddy Purnama. DOK ITS
Jakarta: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyabet juara satu dalam empat kategori di Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah. Keempat kategori itu, yakni Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) humanoid dan beroda, tematik, dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). 

"Hal tersebut menunjukkan ITS siap dan selalu menjadi yang terdepan dalam bidang kecerdasan buatan. Tentu hal tersebut wajib dijadikan suatu kebanggaan sendiri oleh ITS,” kata Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) I Ketut Eddy Purnama dalam keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022. 
ITS merupakan tuan rumah KRI bersama Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusprenas Kemendikbudristek). Ajang penutupan digelar hybrid, yakni melalui Zoom dan luring di Gedung Pusat Riset ITS. 

Eddy mengatakan terdapat 281 tim dari 125 perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk dalam tahap seleksi wilayah. Peserta tim yang berhasil lolos ke babak nasional akan berlaga di ITS secara luring.

“Kami sudah berdiskusi bahwa KRI Tingkat Nasional akan diselenggarakan di Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara luring,” ujar Ketua Pelaksana KRI 2022 itu. 

Eddy menjelaskan terdapat enam kategori lomba, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) humanoid dan beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI). 

“Kategori tersebut sudah dijelaskan dalam buku panduan KRI milik Pusprenas,” tutur Eddy. 

Ketua Dewan Juri KRI 2022 Benyamin Kusumoputro menyebut 46 tim lolos ke tingkat nasional. “Kami dengan bangga mengumumkan bahwa 22 tim dari Indonesia Barat dan 24 tim dari Indonesia Timur berhasil lolos ke babak selanjutnya,” ucap dia. 

Baca: Dicari, 500 Ribu Anak Muda Paham Robotika untuk Jadi 'Pasukan Masa Depan'



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id