Binawan Targetkan Kirim 22 Ribu Nakes ke Luar Negeri

    Medcom - 07 Juni 2021 15:00 WIB
    Binawan Targetkan Kirim 22 Ribu Nakes ke Luar Negeri
    Pelepasan perawat Indonesia ke UAE dan Kuwait gelombang 1.



    Jakarta: Lembaga pendidikan kesehatan Binawan menargetkan mengirim 22 ribu tenaga kesehatan ke luar negeri. Mereka akan dikirim ke sejumlah negara, seperti Jepang, Singapura, Jerman, Kanada, Amerika Serikat, Australia, New Zealand dan negara timur tengah.
     
    Hal itu diungkapkan Deputy Chairman Binawan Group Said Saleh Alwaini saat melepas 30 perawat profesional ke UAE dan Kuwait. 11 orang ditempatkan di National Ambulance, United Arab Emirates, delapan orang di Aamer Health Care Center, United Arab Emirates, serta 11 orang ke Alorf Hospital, Kuwait.
     
    “Tingginya kebutuhan tenaga kerja kesehatan di berbagai negara, menjadi peluang bagi putra putri Indonesia untuk bersaing. Binawan akan melatih dan menyiapkan mereka melalui program pendidikan, pelatihan dan persiapan yang diperlukan sebelum ditempatkan ke negara tujuan,” kata Said di Kampus Universitas Binawan, Cawang, Jakarta Timur.
     
    Acara pemberangkatan dihadiri Duta Besar United Arab Emirates untuk Indonesia H.E. Abdulla Salem Obaid AlDhaheri, Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto dan Utusan National Ambulance UAE Fahd Baraba. Turut hadir secara daring Duta Besar Republik Indonesia untuk UAE Husin Bagis serta Kuasa Usaha KBRI Kuwait Adi Kuntarto.
     
    “Seluruh perawat yang didelegasikan menjadi bagian dari target kami untuk mengirimkan 1.000 tenaga kerja kesehatan Indonesia pada 2021-2022. Untuk mencapai target ini, pemerintah berkolaborasi dengan swasta, seperti Binawan. Keberangkatan para tenaga perawat ini menunjukkan bahwa tenaga kerja migran Indonesia, terutama para perawat, memiliki kualitas yang layak untuk berkompetisi dengan perawat dari negara lain,” kata Husin Bagis.
     
    Anggota Komisi IX Edy Wuryanto mengatakan, pihaknya siap mendukung sinergi pemerintah dengan swasta dalam pelatihan dan penyiapan sumber daya manusia Indonesia berkualitas. “Dukungan yang diberikan oleh pemerintah antara lain skema pendanaan KUR yang mudah, regulasi dan birokrasi efisien untuk mempercepat proses penempatan tenaga profesional, serta memastikan perlindungan dan kesejahteraan tenaga profesional dan keluarganya,” ujarnya.
     
    Duta Besar United Arab Emirates untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid AlDhaheri, mengatakan keberangkatan perawat ini menandai keberlangsungan hubungan bilateral antara United Arab Emirates dan Indonesia.
     
    “Model kemitraan yang hebat dan sukses yang sejajar dengan hubungan strategis United Arab Emirates dengan Republik Indonesia di sektor pemerintahan & bisnis. United Arab Emirates mendorong tenaga medis profesional Indonesia untuk terus menggapai kesempatan memenuhi permintaan untuk layanan medis darurat dan layanan kesehatan umum di United Arab Emirates,” kata Abdulla Salem.
     
    Tahun ini Binawan akan memberangkatkan 500 orang perawat profesional untuk memenuhi permintaan dari National Ambulance UAE dan berbagai rumah sakit di United Arab Emirates, Kuwait, Qatar dan Saudi Arabia.
     
    Ini merupakan bagian dari program jangka panjang dengan target penempatan 22 ribu tenaga kesehatan di tahun 2025. Program ini diharapkan menjadi sumber devisa negara sebesar Rp 5,7 triliun per tahun untuk membantu pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan Tenaga Kesehatan dan keluarganya, serta berkontribusi dalam capacity building mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.
     
    Untuk dapat diterima bekerja di luar negeri, para perawat Indonesia harus mengikuti persiapan berupa kursus bahasa asing, matrikulasi kompetensi keperawatan, pelatihan berbagai spesialisasi khusus sesuai standarisasi yang dipersyaratkan oleh lembaga pelayanan kesehatan di luar negeri. Disamping berbagai pelatihan tersebut para perawat diwajibkan mengikuti tes international prometric. 

    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id