Kebijakan Zonasi Didorong Punya Perpres

    Intan Yunelia - 11 Juni 2019 13:42 WIB
    Kebijakan Zonasi Didorong Punya Perpres
    Mendikbud, Muhadjir Effendy beserta jajaran Kemendikbud usai halalbihalal, Medcom.id/Intan Yunelia.
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy berharap secepatnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang PPDB tertuang dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Hal ini agar kebijakan zonasi memiliki ketetapan hukum yang lebih kuat. 

    “Mudah-mudahan ini sedang akan dinaikkan menjadi peraturan presiden, dalam kaitan kebijakan rotasi guru dan juga intervensi untuk peningkatan sarana dan prasarana sekolah,kurikulum yang akan kita tata menyeluruh dan berbasis kepada zonasi,” kata Muhadjir usai Halalbihalal di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Senayan, Jakarta, Selasa 11 Juni 2019.

    Salah satu implementasi yang wajib dijalankan menyoal redistribusi guru. Kebijakan zonasi menjadi acuan redistribusi guru dilakukan di setiap daerah. 

    “Karena itu guru tidak usah gelisah, kalau dipindah di zona masing-masing itu saja,” ujar Mantan Rektor Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

    Baca:  Mendikbud Desak Daerah Implementasikan Redistribusi Guru

    Namun, tak menutup kemungkinan akan ada guru yang dipindah tugas di luar zonasinya. Jika satu wilayah kekurangan guru dan di zona tersebut sudah memiliki guru yang berlebih.

    “Kelebihan guru di satu zona sementara di zona lain sangat kurang ya saya memang minta kesadarannya untuk bersedia dipindah,” terang Muhadjir.

    Ia menuturkan, soal rotasi guru di luar zonasi sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam UU tersebut menyebutkan bahwa pegawai pemerintah memang harus siap untuk dirotasi secara periodik.

    “Jadi tidak bisa menetap di dalam satu tempat. Dengan begitu nanti penugasan di wilayah 3T itu harus bergantian,” pungkasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id