Di Era Zonasi, Orangtua dan Sekolah Diminta Berbagi Peran

    Intan Yunelia - 15 Juli 2019 12:54 WIB
    Di Era Zonasi, Orangtua dan Sekolah Diminta Berbagi Peran
    Mendikbud, Muhadjir Effendy meninjau Pengenalan Lingkungan Sekolah di SD-SMP Muhammadiyah Jakarta. Medcom.id/Intan Yunelia.
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan sistem zonasi akan meningkatkan peran tanggung jawab pengawasan orangtua kepada anak. Orangtua jadi lebih mudah mengawasi anak-anaknya bersekolah yang tak jauh dari tempat tinggalnya. 

    "Zonasi itu sebetulnya maksud kita adalah salah satu bagaimana supaya antara sekolah, keluarga dan masyarakat betul-betul bertanggungjawab terhadap keberadaan anaknya di sekolah," kata Muhadjir di SD 5 Muhammadiyah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 15 Juli 2019.

    Ketika anak masuk sekolah, tak serta merta beban tanggung jawab mendidik si anak lepas begitu saja. Orangtua harus bisa berbagi peran dan bersinergi dengan guru di sekolah mendidik sang anak. 

    "Justru bebannya semakin berat harus betul-betul besinergi dengan sekolah dan melibatkan masyarakat untuk menjamin kenyamanan, keamanan, keramahan lingkungann dan sekolah untuk yang bersangkutan," ujar Muhadjir.

    Baca:  Mendikbud: Tak Boleh Ada Perpeloncoan di Sekolah

    Ia mengingatkan kepada orangtua agar lebih memperhatikan  tumbuh kembang anak. Peran kritis dan saran perlu diberikan orangtua kepada pihak sekolah. 

    "Karena itu, orangtua tidak segan-segan melakukan koreksi ,memberikan peringatan kepada sekolah kalau memang dipandang sekolahnya kurang terhadap putra-putrinya. Kerja sama antara sekolah, masyarakat, dan keluarga akan menentukan masa depan anak-anak," tuturnya




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id