UCWeb Donasikan 10.000 Buku untuk Pendidikan Indonesia

    Intan Yunelia - 05 September 2019 12:30 WIB
    UCWeb Donasikan 10.000 Buku untuk Pendidikan Indonesia
    Seorang siswa memegang kertas bertuliskan ucapan terima kasih kepada UCWeb atas donasi 10.000 bukunya. Foto/Dok UCWeb.
    Jakarta:  UCWeb menargetkan akan menyumbang 10.000 buku untuk meningkatkan literasi dan kualitas pendidikan Indonesia.  Donasi ini dilakukan dalam rangka memperingati program amal ‘9.5 Philanthropy Week’ di Indonesia.

    Huaiyuan Yang, Vice President UCWeb Global Business mengatakan, ‘9.5 Philanthropy Week’ adalah kegiatan rutin yang diinisasi oleh The Alibaba Foundation sejak 2017.  Dalam program tersebut, anggota masyarakat diajak untuk menghabiskan tiga jamnya untuk terlibat dalam kegiatan filantropi.

    Kegiatan ini sebagai perwujudan nilai perusahaan yaitu "Semua Orang Berpartisipasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik".  Selain mengorganisir dan mendanai program amal, The Alibaba Foundation juga menggunakan keunggulan teknologi untuk membantu dan memberdayakan LSM agar bertumbuh lebih cepat dari berbagai dimensi.

    "Termasuk data, produk, dan operasi. Mereka juga memanfaatkan karakteristik internet untuk membuat kegiatan amal lebih ilmiah dan efektif," kata Huaiyuan Yang dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, 5 September 2019.

    Huaiyuan mengatakan, Alibaba adalah perusahaan Internet pertama di dunia yang mengintegrasikan filantropi ke dalam strategi inti perusahaan. "Kami dikenal sebagai perusahaan teknologi internasional oleh dunia pada umumnya, namun kami juga ingin dikenal sebagai perusahaan dengan tanggung jawab sosial yang baik.  Hal ini adalah nilai yang kami pegang di semua bisnis Grup Alibaba, termasuk UCWeb," terangnya.

    Saat ini, kata Huaiyuan, UCWeb juga sedang mengembangkan ‘Internet plus Charity’, yaitu model amal baru yang transparan, termobilisasi dan efektif.  UCWeb juga membangun ekosistem konten yang bertanggung jawab, menggunakan teknologi internet untuk meneruskan informasi dan pengetahuan, mempersempit kesenjangan digital, menciptakan lapangan kerja di dalam negeri dan membantu menghilangkan kemiskinan.

    "Kami telah beroperasi di Indonesia selama bertahun-tahun dan ini adalah bagian dari komitmen jangka panjang kami terhadap pasar Indonesia,” ucap dia.

    Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Central Connecticut State University, Indonesia masih berada di peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal aksesibilitas perpustakaan dan literatur. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2017, masih ada lebih dari 200.000 anak yang putus sekolah.

    Selain itu, Indonesia masih memiliki tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah dengan 70,81 IPM yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-116 dari 189 negara dalam hal kualitas hidup dan pendidikan.

    Menanggapi keadaan tersebut, UCWeb akan bermitra dengan Rumah Literasi Indonesia, organisasi nirlaba yang secara aktif terlibat dalam meningkatkan kualitas literasi Indonesia. Untuk memenuhi misinya, UCWeb dan Rumah Literasi Indonesia akan berkolaborasi dalam kampanye untuk mendorong pemerataan distribusi buku di masyarakat, mengatasi kesenjangan akses anak-anak untuk membaca dan membawa pengetahuan yang lebih baik terutama untuk anak-anak dan remaja di beberapa daerah yang kurang berkembang di Banyuwangi, Jawa Timur.

    Proyek ini akan mendistribusikan materi di beberapa daerah terpencil di wilayah ini termasuk Desa Gunung Remuk Ketapang, Kalipuro, Rogojampi, Lateng, Kalibaru, Ketapang, Gitik Rogojampi, Margomulyo, Tegal Besar, dan Tamanan.

    Kegiatan donasi ini juga mendapat dukungan dari berbagai kalangan, salah satunya dari penyanyi Krisdayanti. “Saya ucapkan selamat dan sukses untuk UCWeb atas kegiatan donasi buku ini. Buku pasti bisa membuka cakrawala anak-anak Indonesia. Saya harap program ini bisa bermanfaat dan menumbuhkan semangat belajar anak-anak Indonesia. Bersama UCWeb, mari kita berpartisipasi untuk mencerdaskan anak bangsa,” ajak Krisdayanti.

    UC Browser, peramban seluler pihak ketiga No.1 di dunia di bawah UCWeb, telah mengoperasikan program amal dalam aplikasi "Library UC" di Indonesia sejak tahun lalu. Ini adalah program amal jangka panjang yang berfokus pada pendidikan untuk anak-anak kurang mampu dengan memberi pengguna pendekatan baru untuk membantu masa depan Indonesia.

    Dengan membaca berita dan artikel di UC Browser, pengguna dapat memperoleh Poin UC yang dapat ditukarkan dengan buku yang dapat disumbangkan, dan pengguna bisa mendapatkan sertifikat elektronik setelah melakukan donasi.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id