Tembus Panggung Dunia, Nadiem Ingin Tiru Jurus Korsel

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 27 Februari 2020 12:07 WIB
    Tembus Panggung Dunia, Nadiem Ingin Tiru Jurus Korsel
    Mendikbud, Nadiem Makarim usai membuka Rakornas Kebudayaan 2020. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ingin meniru jurus Korea Selatan (Korsel) dalam mengelola kebudayaan.  Negeri gingseng ini dinilai sukses menembus panggung dunia berkat modal budayanya.

    Nadiem menyebutkan, Korea Selatan berhasil melakukan banyak inovasi dalam pemajuan budaya. Terutama melalui film dan musiknya.

    "Dia (Korea Selatan) bisa mengolah budayanya, tapi dia juga melakukan berbagai macam unsur budaya dari yang lain, tapi setelah itu setelah budaya, film, dan musik mereka jadi besar. Bahkan tradisi mereka pun ikut terangkat," terang  Nadiem kepada wartawan usai membuka Rakornas Kebudayaan, di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu malam, 26 Februari 2020.

    Baca:  Paradigma Baru Kebudayaan Ala Nadiem

    Untuk itu, kata mantan bos Gojek ini, saat ini definisi atau pengertian tentang kebudayaan haruslah dinamis. Menurutnya negara yang terkenal dengan K-Pop-nya ini dapat menjadi salah satu contoh negara yang bisa ditiru.

    "Makanya definisi budaya seperti sekarang jangan statis. Budaya itu contoh Korea, itu adalah suatu hal yang bisa kita inovasian, bisa kita integrasikan, apa yang tradisi dan apa yang modern, kita gabung menjadi sesuatu yang baru dan menarik bagi anak-anak muda kita dan juga menarik bagi orang-orang dari mancanegara," jelas lulusan Harvard University ini.

    Nadiem sendiri telah memprioritaskan diplomasi internasional untuk mewujudkan kebudayaan Indonesia agar dapat unjuk gigi di dunia dengan keberagaman, tradisi, sampai pada budayanya.

    "Kami ingin agar Indonesia itu punya dan dikenal di panggung dunia juga. Jadinya berbagai macam strategi yang kita ingin lakukan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah untuk mencari yang terbaik dari Indonesia dan mencampurnya dengan apa yang terbaik dari dunia, agar kita bisa berinovasi," kata Nadiem.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id