Disdik: KJP Siap Bantu Siswa yang Tak Masuk Sekolah Negeri

    Ilham Pratama Putra - 25 Juni 2020 12:14 WIB
    Disdik:  KJP Siap Bantu Siswa yang Tak Masuk Sekolah Negeri
    Ilustrasi PPDB. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta:  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Nahdiana mengatakan, siswa yang masuk di sekolah swasta karena tidak lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tetap akan dibantu dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP).  KJP di DKI akan mencakup seluruh siswa yang ada di DKI.

    "Kalau dari keluarga yang ekonominya tidak mampu, maka Pemprov telah mengintervensi ini dengan KJP. Anak swasta dengan negeri terima KJP-nya beda. Karena KJP-nya termasuk SPP," kata Nahdiana kepada wartawan, Rabu, 24 Juni 2020.

    Begitu pula dengan bantuan uang pangkal sekolah swasta. Ketika siswa dengan KJP merasa keberatan dengan uang pangkal masuk sekolah swasta, pihaknya memastikan itu bukan satu halangan.

    "Tidak pula ada anak yang harus terhalang karena dia tidak bisa bayar uang pangkal, kalau dia berasal dari keluarga tidak mampu," ungkap Nahdiana.

    Baca juga:  Disdik DKI: PPDB Tahun Ini Tetap Gunakan Kriteria Usia

    Pihaknya memastikan, seluruh anak di DKI Jakarta dapat bersekolah. Ketimpangan sekolah negeri dan swasta bakal dibenahi dari berbagai aspek termasuk biaya.

    "Kami akan memulai juga membenahi swasta sehingga nanti asas kesetaraan tidak ada kesenjangan lagi kepada sekolah yang terpolarisasi. Dengan homogenitasnya itu, swasta nanti akan setara dengan negeri," terangnya.

    Sebelumnya, sejumlah orang tua khawatir anaknya tidak masuk sekolah negeri saat PPDB DKI Jakarta 2020.  Sebab, PPDB DKI memberlakukan seleksi berdasarkan kriteria usia pada PPDB tahun ini.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id