IPB Siapkan Skema Beasiswa Covid-19

    Citra Larasati - 22 Juni 2020 11:11 WIB
    IPB Siapkan Skema Beasiswa Covid-19
    Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
    Jakarta:  Menghadapi semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021, selain menjalankan komitmen kebijakan penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT), Institut Pertanian Bogor (IPB University) juga menyediakan skema Beasiswa Covid-19.  Bantuan biaya UKT ini akan diberikan kepada mahasiswa multistrata terdampak covid-19 yang sangat membutuhkan.

    "Besaran beasiswa tersebut maksimal Rp2,4 juta," kata Rektor IPB University, Arif Satria dalam keterangannya, Senin, 22 Juni 2020.

    Sementara bagi mahasiswa baru program vokasi dan sarjana yang tidak mampu secara ekonomi, telah tersedia kuota Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) untuk 1.352 orang.

    Sampai saat ini, IPB telah melakukan verifikasi dan menetapkan kurang lebih 700 mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) dan USMI Vokasi sebagai penerima KIP-K.  

    "Masih ada 652 kuota untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), UTM dan mahasiswa baru yang sangat membutuhkan. Juga tersedia beasiswa lainnya dengan berbagai skema, berasal dari Alumni, Yayasan, Lembaga Amil Zakat dan donatur lainnya," sebut Arif.

    Baca juga:  Nadiem Terbitkan Permendikbud 'Keringanan UKT' di Masa Pandemi

    Bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir pun telah diambil kebijakan keringanan UKT selama masa pandemi covid-19.  Selain itu, Arif juga menjelaskan, bahwa kebijakan perkuliahan memang akan dilaksanakan secara daring, namun bagi mata kuliah yang terdapat praktikum maka kegiatannya praktikum akan tetap dilaksanakan pada alih semester ganjil ke genap, tanpa dipungut biaya lagi. 

    “Jadi tidak benar jika ada anggapan bahwa UKT semester ganjil hanya untuk membiayai perkuliahan daring karena praktikumnya masih tetap ada untuk menjamin ketercapaian learning outcome,” tegas Rektor. 

    Sebelumnya, sekitar 200 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB University) setiap semesternya mengajukan penyesuaian UKT dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan penyesuaian UKT pada masa pandemi covid-19 ini dipastikan akan meningkat.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id