comscore

Guru Besar Unpad Profesor Ida Suraida Tutup Usia

Arga sumantri - 27 Desember 2021 11:22 WIB
Guru Besar Unpad Profesor Ida Suraida Tutup Usia
Pelepasan jenasah Prof Ida Suraida. Foto: Humas Unpad.
Bandung: Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali berduka. Salah seorang guru besarnya, Prof. Dr. Ida Suraida, S.E., M.Si., Ak., CA, meninggal dunia. Ia wafat pada usia 79 tahun di Rumah Sakit Boromeus, Bandung, Sabtu, 25 Desember 2021, pukul 21.12 WIB.

Prof. Ida Suraida  merupakan guru besar emeritus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan bidang kajian utama akuntansi dan spesialisasi di bidang auditing.

 



Lahir di Cirebon, 24 April 1942, Ida menyelesaikan studi Sarjana Ekonominya di dua kampus, yaitu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unpad pada 1968 dan Jurusan Akuntansi FE Universitas Airlangga pada 1977.

Pendidikan Magisternya diselesaikan di Program Pascasarjana Unair konsentrasi Manajemen pada 1991 dan Program Doktor Pascasarjana Unpad konsentrasi Akuntansi yang berhasil diselesaikan pada 2003.

Sejak 1974-1978, Prof. Ida Suraida diangkat menjadi dosen tetap di FE Universitas Airlangga (Unair). Kemudian, berpindah menjadi dosen tetap di FEB Unpad pada 1978 – 2007. Jabatan guru besarnya baru diperoleh pada 2009 hingga akhirnya ditetapkan menjadi Guru Besar Emeritus.

Tidak hanya di dua perguruan tinggi tersebut, Prof Ida juga pernah menjabat sebagai dosen di STIE Bandung, Universitas Pasundan, dan Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Baca: Ridwan Kamil: Nama Mochtar Kusumaatmadja Bakal Jadi Nama Jalan di Bandung

Beberapa jabatan struktural pernah didudukinya. Mulai dari Ketua Program Ekstensi Unpad hingga Pembantu Dekan II FE Unpad (1995-1999).

Di luar karier akademiknya, almarhumah berprofesi sebagai akuntan. Beliau tercatat pernah menjadi partner di Kantor Akuntan Publik 'Sanusi & Rekan' (1980-1984), dan pimpinan Kantor Akuntan Publik 'dra. Ida Suraida' (1987-1992).

Ida mendapat penghormatan terakhir oleh sivitas akademika, tenaga kependidikan, dan kolega dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Minggu, 26 Desember 2021. Usai dilepas, Prof Ida dimakamkan di TPU Cikutra.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan, Prof. Ida Suraida memiliki kiprah luar biasa. Di tingkat pengelolaan universitas, almarhumah berperan dalam membesarkan program ekstensi, khususnya di FEB. Sementara di tingkat universitas, almarhumah pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas Badan Layanan Umum (BLU) Unpad.

"Pesan almarhumah yang selalu diingat adalah ` harus terus maju dikelola dengan sangat baik dan berintegritas seluruh sivitas akademikanya," kata Rina, dikutip dari siaran pers Unpad, Senin, 27 Desember 2021.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id