Ditjen Kebudayaan Kenalkan Tokoh Samaun Bakri Lewat Pameran Virtual

    Arga sumantri - 12 Agustus 2021 22:19 WIB
    Ditjen Kebudayaan Kenalkan Tokoh Samaun Bakri Lewat Pameran Virtual
    Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid. Zoom.



    Jakarta: Museum Perumusan Naskah Proklamasi dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan serangkaian kegiatan secara daring. Mulai 11 sampai 31 Agustus 2021, diselenggarakan Pameran Tokoh Samaun Bakri: Pejuang Berbekal Pena, yang dilakukan secara daring melalui kanal Youtube Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

    Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid menjelaskan kegiatan pameran dilakukan secara daring karena pandemi covid-19 yang belum melandai. Ia menjelaskan, selain dapat mengenal tokoh Samaun Bakri, pameran ini diharapkan bisa mendapat gambaran lebih menyeluruh tentang makna kemerdekaan.

     



    "Seluruh kegiatannya berlangsung secara daring, tapi hendaknya itu tidak mengurangi komitmen dan kesungguhan kita untuk mengapresiasi tokoh-tokoh yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia," kata Hilmar melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Agustus 2021.

    Selain pameran, museum perumusan naskah proklamasi juga menyelenggarakan kegiatan Tapak Tilas Proklamasi secara daring pada 16 Agustus 2021. Beragam kegiatan diskusi daring juga ikut menyemarakkan rangkaian kegiatan ini. 

    Rangkaian webinar itu yakni, Bincang Publik Daring Bersama Museum 'Webinar Kesejarahan Episode 10', pada 18 Agustus 2021. Lalu, Diskusi Tapak Tilas Proklamasi Episode 2 'Langkah-langkah Diplomasi di Tapak Bersejarah', pada 19 Agustus 2021, dan Diskusi Tematik 'Tokoh Samaun Bakri', pada 25 Agustus 2021.

    Baca: 9 Produk Hasil Inovasi Perguruan Tinggi Indonesia

    Virtual Tur Pameran juga dilaksanakan untuk pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat sebagai pendukungan kegiatan Pameran Samaun Bakri, pada 12, 13, 19, dan 20 Agustus 2021. Tidak ketinggalan Virtual Tur tentang Museum Perumusan Naskah Proklamasi pada tanggal 16 Agustus 2021 bekerja sama dengan The Asian Parents Indonesia untuk anak-anak usia PAUD dan SD. 

    Seluruh informasi tentang rangkaian kegiatan dan pendaftaran untuk virtual museum dapat diakses melalui media sosial Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

    Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dalam kondisi pandemi tetap berusaha untuk melaksanakan beraneka kegiatan yang bertujuan sebagai upaya pelestarian, penanaman semangat jiwa nasionalisme dan nilai-nilai perjuangan kepada masyarakat khususnya bagi generasi muda

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id