Selain Berkarya, Penulis Juga Harus Memahami HKI

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 03 September 2019 19:38 WIB
    Selain Berkarya, Penulis Juga Harus Memahami HKI
    Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ari Juliano. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Penulis buku maupun penulis karya lainnya tidak hanya dituntut untuk berkarya, namun juga harus memahami tentang Hak Kekayaan Intelektual. Sehingga bisa fokus berkarya sekaligus mendapatkan manfaat secara ekonomi.

    "Penulis harus belajar, dalam artian penulis membuat karyanya sambil mengambil manfaat dari karyanya, belajar mengenai hak-haknya," kata Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ari Juliano di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa, 3 September 2019.

    Untuk itu, penulis bisa bekerja sama dengan agen. Kerja sama tersebut kata Ari juga penting diketahui oleh penulis.

    "Penulis itu ada agen yang akan membantu mengelola, dengan demikian kalau ada orang yang ingin menggandakan karyanya memfilmkan karyanya segala macam tinggal menghubungi pihak pihak yang kompeten ini dan karena itu harus bisa mencari pihak yang tepat dan mau bekerja sama," terang Ari.

    Ia juga memberi catatan, agar penulis tidak menganggap agen sebagai orang yang hanya ingin mengambil keuntungan. Tetapi sebagai rekan untuk saling bekerja sama dan sama-sama mendapatkan manfaat ekonomi.

    "Jangan sampai proses kreatifnya penulis terganggu karena ngurusin kontrak, penggandaan dan segala macam.  Penting mengembangkan pengetahuan di bidang HAK itu paling penting. Tidak boleh cuek, action-nya bisa dengan pihak lain," tandas lulusan Universitas Indonesia ini.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id