SMP Tarakanita 1 Jakarta Bawa Dua Lagu Daerah di BICF 2019

    Intan Yunelia - 22 Juli 2019 08:22 WIB
    SMP Tarakanita 1 Jakarta Bawa Dua Lagu Daerah di BICF 2019
    Dokumentasi pribadi SMP Tarakanita 1 Jakarta.
    Jakarta: SMP Tarakanita 1 Jakarta kembali mengikuti ajang paduan suara internasional bergengsi Bali International Choir Festival (BICF) 2019 24-25 Juli. Untuk tahun ini, SMP Tarakanita ikut di kategori folklor dengan membawakan dua lagu daerah. 

    "Kita akan sampaikan dua lagu kebetulan kita angkat lagu daerah. Lagu jali-jali sama perahu layar. Itu dua lagu daerah yang kita coba angkat karena memang di lomba internasional yang mmbuat menarik dalam hal pasti banyak peserta ada 300 group dari 12 negara. Kita coba tampilkan budaya Indonesia di ajang internasional," kata Ketua Panitia SMP Tarakanita 1 Jakarta Taufik saat dihubungi Medcom.id, Senin 22 Juli 2019. 

    Demi mempertahankan gelar tahun lalu di ajang yang sama, persiapan matang sudah disusun jauh-jauh hari. Dari mulai audisi, seleksi tim yang sesuai dengan kriteria kategori yang diikutsertakan tahun ini. 

    "Persiapan sudah dari bulan Januari terbentuk. Karena tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu kategori yang kita ikutkan paduan suara sedangkan kita mengikutsertakan tahun ini adalah folklor," jelas Taufik. 

    Dalam kategori ini, para peserta tidak hanya menampilkan suara. Tetapi dipadukan dengan gerakan seni tari. Jumlah personelnya pun lebih banyak dibandingkan kategori paduan suara. 

    "Tidak seperti tahun lalu yang hanya cuma 12 orang tapi sekarang sampai 38 anak. Jadi memang persiapannya sedikit harus effort (usaha) karena memang sebagian besar dari 12 peserta yang sebelumnya ikut juga paling tidak ada gambaran lomba ini seperti apa," ucap Taufik.

    SMP Tarakanita Satu Jakarta sendiri tahun lalu berhasil  menyabet medali emas di ajang ini untuk kategori paduan suara. Atas prestasinya itu, paduan suara SMP Tarakanita 1 Jakarta secara khusus menjadi peserta aubade dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun lalu di  Istana Negara, Jakarta.

    Acara serupa diikuti lebih dari 5.000 peserta yang tergabung dalam 146 grup dari 10 negara. Mereka mengikuti kompetisi paduan suara internasional dengan beragam aliran musik.

    BICF tahun lalu bertemakan 'Wonderful BICF, Singing Together is Better'. Sebanyka 10 negara peserta berasal dari  Kanada, Latvia, Lithuania, Polandia, China, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand dan Indonesia. Mereka berpartisipasi dalam 16 kategori yang dikompetisikan di antaranya paduan suara pertunjukan atau 'show choir', pop dan jazz, remaja, acapela, campuran, anak-anak, serta ketegori wanita dan pria. Selain itu kategori paduan suara senior, gospel dan spiritual, 'folklor', grup vokal, hingga 'musica sacra'.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id