UB Peringkat Empat Terbaik di Indonesia Versi THE

    Daviq Umar Al Faruq - 20 September 2019 14:16 WIB
    UB Peringkat Empat Terbaik di Indonesia Versi THE
    Kampus UB. Foto: UB/Dok. Humas
    Malang:  Universitas Brawijaya (UB) menduduki peringkat ke-4 kampus terbaik di Indonesia. Prestasi itu berdasarkan dari daftar World University Rankings (WUR) 2020 yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE).

    UB juga mendapat peringkat 1001+ di dunia dengan skor keseluruhan 10.7–22.1 yang terdiri dari skor pengajaran (16.0), penelitian (8.5), kutipan internasional (8.3), sinergi dunia industri (36.3), dan pandangan internasional (21.4). 

    Ada enam perguruan tinggi Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan THE. Di atas UB, ada Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian di bawah UB ada, Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

    Sekretaris Pusat Pemeringkatan LP3M UB, Adharul Muttaqin mengatakan, pengumuman peringkat THE telah dikeluarkan sejak 11 September 2019 lalu. Namun pihak UB sudah mendapat kabar tersebut sehari sebelumnya.

    "Ini pertama kalinya UB mengikuti THE Ranking, Hal ini menjadi evaluasi karena ada lembaga yang dapat memantau UB dari pihak THE. Sehingga UB dapat terpacu untuk memperbaiki," kata Adharul, Jumat 20 September 2019.

    Adharul menjelaskan, lembaga pemeringkatan ini memiliki sejumlah indikator penilaian. Antara lain performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, performa kutipan, sinergi dunia industri dan cakupan internasionalisasi sebuah universitas.

    "Untuk dipilih kita harus mengikuti persyaratan yang ada. Salah satunya harus memenuhi jurnal Scopus dengan jumlah tertentu. Itu untuk menunjukkan bahwa kampus tersebut ada dan memiliki karya," bebernya.

    Di sisi lain, Adharul mengaku tidak ada perbedaan yang mencolok antara THE dengan QS World University Rankings. QS World University Ranking sendiri merupakan lembaga pemeringkatan resmi yang dijadikan salah satu acuan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University atau Universitas Bertaraf Dunia.

    "Penilaian di THE yang tidak ada di QS adalah industry income. Industry income itu mengenai tentang dana yang telah diterima UB terkait dengan hasil research yang sudah dilakukan," ungkapnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id