KPAI: Zonasi Dorong Pemda Giat Bangun Sekolah Negeri Baru

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Juni 2020 08:11 WIB
    KPAI: Zonasi Dorong Pemda Giat Bangun Sekolah Negeri Baru
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai pemerintah daerah (Pemda) lebih giat membangun sekolah negeri baru sejak diberlakukannya sistem zonasi. Hal ini dinilai jadi dampak positif pemberlakuan zonasi sejak 2017.

    "Pemerintah Daerah mulai membangun sekolah negeri  baru di wilayah yang kekurangan atau tidak ada sekolah negerinya," kata Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti, Senin, 29 Juni 2020.

    Retno menyebut beberapa daerah yang saat ini sudah mendirikan sekolah negeri baru. Kota Bekasi misalnya, membangun 7 SMPN baru, Kota Tangerang membangun 9 SMPN, Kalimantan Barat menambah 1 SMAN, Jawa Barat menambah 1 SMAN di Depok dan DKI Jakarta menambah 7 SMKN baru.

    Baca: DKI Diminta Kurangi Kuota Siswa Luar Kota di Jalur Prestasi

    "Tahun 2019 pemerintah kota Bogor (Jawa Barat) merencanakan pembangunan sekolah negeri baru di Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal, lalu di tahun berikutnya membangun di Kelurahan Cimahpar Kecamatan Bogor Utara dan di Kecamatan Bogor Timur," paparnya.

    Menurut Retno, Gubenur Banten Wahidin Halim juga berencana membangun 33 Unit Sekolah Baru (USB) pada 2020. Retno menyamapaikan, Banten mengejar target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. 

    "Pemprov Banten menargetkan pembangunan sekolah negeri baru (SMA/SMK) di setiap kecamatan agar akses masyarakat untuk sekolah di negeri terjangkau, mengingat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sekarang sudah memakai sistem zonasi," terangnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id