UN Kesetaraan Pesantren Salafiyah Ditiadakan

    Ilham Pratama Putra - 30 Maret 2020 22:47 WIB
    UN Kesetaraan Pesantren Salafiyah Ditiadakan
    Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta
    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) memastikan Ujian Nasional (UN) pendidikan kesetaraan di pondok pesantren Salafiyah ditiadakan pada jenjang Ulya (SMP) dan Wustha (SMA).  Hal ini sejalan dengan arahan Presiden dan Surat Edaran Kemendikbud tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19).

    "Ujian Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) di tingkat Ulya dan Wustha dapat dilakukan dengan cara lain, asalkan tidak dengan cara mengumpulkan santri," kata Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Imam Safei dalam siaran pers, Senin 30 Maret 2020.

    Dengan begitu, penentu kelulusan dapat dilakukan dengan pengumpulan portofolio, nilai rapor hingga prestasi yang telah diperoleh. Termasuk juga penilaian lewat penugasan daring.

    "Ujian dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan kurikulum secara menyeluruh," lanjut Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kemenag itu.

    Kelulusan PKPPS jenjang Ulya juga dapat ditentukan berdasarkan nilai rapor lima semester terakhir. Nilai semester genap tingkat enam dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

    Menurut Imam, untuk kenaikan tingkat semua jenjang, juga berlaku hal yang sama. Penilaian diambil dari nilai rapor dan prestasi sebelumnya.

    "Ujian akhir semester untuk kenaikan tingkat dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan pencapaian kurikulum secara menyeluruh.  Dengan keluarnya surat edaran ini, maka ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian sebelumnya tidak berlaku lagi," tegas Imam.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id