WHO Memprediksi Ini Pandemi Korona Terbesar yang Terakhir

    Ilham Pratama Putra - 26 Maret 2020 13:07 WIB
    WHO Memprediksi Ini Pandemi Korona Terbesar yang Terakhir
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta:  Perwakilan World Health Organization (WHO) untuk Indonesia memprediksi, virus korona atau coronavirus disease (covid-19) akan menjadi pandemi terakhir di dunia. Namun dengan syarat, dunia harus melakukan penanganan secara benar.

    "Pandemi korona skala sebesar ini memang belum pernah kita hadapi dalam beberapa tahun terakhir. Tapi untuk skala sebesar ini, bisa jadi yang terakhir, mungkin kita tidak mendapatkan peluang pandemi lagi, jika anda melakukannya dengan benar kali ini," kata Perwakilan WHO untuk Indonesia, Navaratnasamy Paranietharan dalam konferensi video saat Pelatihan Daring Relawan Covid-19 Mahasiswa, di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

    Untuk itu diperlukan penelitian mendalam untuk pengetahuan yang lebih luas mengenai covid-19 ini. Menurutnya, yang memperparah kondisi saat ini ialah pengetahuan yang kurang terkait penyebaran covid-19.

    "Tetapi pemahaman yang kita miliki saat ini, jauh lebih baik daripada apa yang kita ketahui tentang virus ini di awal Januari," lanjut Paranietharan.

    Baca juga:  WHO: Kasus Korona di Indonesia Akan Turun dalam Beberapa Pekan

    Untuk itu dia meminta pihak Kementerian Kesehatan, instansi terkait hingga Fakultas Kesehatan untuk terus mempelajari pandemi ini. Hal itu diperlukan untuk meningkatkan kesiapan negara agar lebih matang menentukan sikap.

    “Jadi untuk saat ini, pembelajaran terbaik dan paling mudah dilakukan adalah ketika anda benar-benar merespons suatu situasi, menjaga diri agar tetap aman. Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun dan air. Tolong jaga jarak fisik, hindari orang sakit," jelasnya.

    Untuk itu, dia berharap seluruh pihak dapat saling mendukung keberhasilan penanganan korona. Setiap lapisan masyarakat bisa mengambil peran untuk memerangi korona.

    “Tujuannya adalah untuk menyelamatkan jiwa, mengurangi penderitaan dan mencegah penyebaran virus ini lebih lanjut, dan untuk menjaga keamanan Indonesia,” pungkas dia.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id